KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
HUMAS Ahsan Kontributor
24 Januari 2024 8:13:0 110

Kakanwil Kemenag Sulteng Membuka Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama dan Moderasi Beragama Katolik

Ket: Kakanwil Kemenag Sulteng Ulyas Taha. Foto:(Eko Prasetyo)


 

Palu(Kemenag Sulteng),-Pembimas Katolik Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan Dialog Kerukunan Intern Umat Beragama dan Moderasi Beragama Katolik bertempat di Hotel Best Western Palu Jalan Basuki Rahmat.

Dialog ini di ikuti sebanyak 50 peserta utusan gereja Katolik di lingkungan Kabupaten Sigi, yang dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Ulyas Taha. Rabu 24 Januari 2024.

Menurut Ulyas, kegiatan ini sangat penting dilakukan karena kerukunan itu butuh dialog, dan penguatan moderasi beragama itupun butuh dialog. Karena kita ini berbeda pemahaman antara pemeluk agama yang berbeda bahkan diinteren umat beragama pun ada kadang-kadang muncul perbedaan terhadap pemahaman.

Olehnya saya meminta kepada Pastor untuk selalu memberikan pembinaan kepada umatnya. Harapannya ketika kita melakukan dialog ini ada persoalan persoalan internal di Katolik itu bisa teratasi dengan baik, seperti  pembangunan gereja di Sidondo itu harus kita dialog kan bersama tokoh-tokoh baik Katolik, tokoh masyarakat dan tokoh agama lainnya, ujarnya.

Sementara itu ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini sebagai media komunikasi dan informasi tentang kerukunan umat beragama khususnya dilingkungan intern umat beragama Katolik di Kabupaten Sigi. 

Tujuannya kegiatan yang pertama memperkokoh rasa persatuan dan persaudaraan interen umat beragama Katolik terutama dalam hal penghayatan dan pengalaman nilai nilai dasar spritual iman Katolik, kedua untuk menemukan solusi atas beberapa permasalahan terkait fasilitas sarana dan prasarana peribadatan Katolik khususnya rumah ibadah gereja katolik di kab Sigi yang hingga saat ini belum mendapatkan surat izin dan IMB dari Pemerintah, dan ketiga bersama dengan perangkat gereja Katolik dan perangkat pemerintah setempat membangun komunitas dialog melalui dialog kehidupan yang lebih konkrit terukur dengan berimbang.

 

Tags terkait: Bimas Katolik
Editor: -
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex