KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Nanang Winardi Kontributor
29 April 2024 13:59:0 134

30 Guru Pendidikan Agama di Morowali Ikuti Pelatihan Moderasi Beragama

Ket: PDWK Penggerak Penguatan Moderasi Beragama bagi Guru Angkatan 1 di Kankemenag Morowali oleh BDK Manado, Senin (29/4/2024).


Morowali (Kemenag Sulteng) – Sebanyak 30 guru pendidikan agama dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/K dan Guru MI, MTs dan MA di wilayah Kabupaten Morowali, mengikuti pelatihan penggerak penguatan moderasi beragama bagi guru angkatan I yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado.

Pelatihan dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Morowali yang diwakili Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Morowali, Mauluddin, Senin (29/4/2024).

Dalam sambutannya, Mauluddin mengucapkan terima kasih kepada BDK Manado atas penyelenggaraan pelatihan ini.

“Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan pemahaman moderasi beragama di kalangan guru,” ungkap Mauluddin.

 “Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan cinta tanah air dan toleransi, tetapi juga membantu menghindari sikap radikalisme,” sambung Mauluddin.

Ia juga menekankan pentingnya penerapan lima nilai dasar ASN oleh peserta dan pegawai Kementerian Agama, yaitu keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, integritas, profesionalitas, tanggung jawab, dan keteladanan.

Sebelumnya, ketua panitia kegiatan, Heryanto Ishak, melaporkan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari Pelatihan di Wilayah Kerja (PDWK) BDK Manado dan khusus digelar dalam upaya memperkuat moderasi beragama di kalangan pendidik.

“Sebagai bangsa yang majemuk, tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia rentan akan munculnya konflik agama. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memahami dan menanamkan nilai-nilai moderasi beragama sejak dini sebagai antisipasi potensi konflik tersebut,” ujar Ishak.

Ishak menekankan pentingnya peran guru dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama.

“Guru memiliki peran kunci sebagai mediator yang menanamkan nilai-nilai ini kepada peserta didik, menjadikan mereka sosok yang tak tergantikan dalam membentuk harmoni beragama,” papar Ishak.

Kegiatan akan dilangsungkan selama enam hari, mulai dari 29 April hingga 4 Mei 2024, di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Morowali.

 

Editor: Humas Monica
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex