KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
11 Oktober 2023 0:0:0 83

MTSN 1 Banggai Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445H

Ket:


Luwuk (Kemenag Sulteng) - MTsN 1 Banggai memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M, dengan mengangkat tema Meneladani akhlak nabi Muhammad SAW untuk membangun karakter generasi muda yang religius, Selasa 10 Oktober 2023.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Banggai Ma'sum sebagai pembawa hikmah mengajak seluruh siswa dan hadirin untuk bersalawat sebagai rasa cinta kepada Rasulullah.

Ia mengatakan Rasulullah sebagai pedoman hidup seluruh umat. Sehingga kepada para siswa madrasah agar dapat memperlihatkan akhlak yang baik, dalam pergaulan dan mampu menjadi contoh untuk orang-orang disekitarnya.

Ma'sum menceritakan bagaimana kelahiran Rasulullah di sambut oleh semesta alam dan jagad raya. “Semuanya penuh bahagia. Bunga bunga bermekaran, cuaca sangat teduh, dan burung burung berkicau indah,” tuturnya.

Ia juga mengingatkan untuk selalu menjaga silaturahmi atau hubungan baik antar sesama. "Jika marah pada seseorang tidak boleh lebih dari tiga hari" harus mampu memaafkan, ujarnya.



Dia juga menyampaikan untuk menjadi umat Rasulullah, harus memahami 5 Rukun Islam, yakni membaca dua kalimat syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, berpuasa, dan naik haji bagi yang mampu. Inilah yang akan menunjukan seorang muslim sebagai hamba sebenar benarnya, katanya.

Umat Islam diharapkan mampu untuk menjaga kedamaian dalam bingkai kerukunan umat beragama yang bersikap moderat, dalam visi besar Kemenag yaitu moderasi beragama, yang merupakan proses memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari perilaku ekstrem atau berlebih lebihan saat mengimplementasikannya.

Sebelum hikmah Maulid Nabi, para hadirin disuguhkan kreasi kegiatan dari para siswa. Penampilan para siswa dalam membawakan acara yang dengan menggunakan empat (4) bahasa yang berbeda. Yaitu, Bahasa Indonesia, Arab, Inggris, dan bahasa lokal 'Saluan.'

Tampak pula para siswa yang menampilkan Salawat Nabi, tarian Molabot, Sirah nawabiyah, Syar'hil Qur’an, drama kelahiran Rasulullah dan vokal grup.

Sambutan dari Wakil  kepala madrasah bagian kesiswaan Ruslan Dayodara mengucapkan terima kasih atas seluruh kehadiran perangkat pemerintah daerah, Ketua DWP Kemenag Kab. Banggai, dan perwakilan sekolah dan madrasah.

Hampir ribuan siswa dan undangan, hadir pada kemeriahan maulid nabi kali ini. Di akhir acara, antusias siswa terlihat dalam perebutan telur dan snack yang telah di persiapkan untuk dibawa pulang.

 

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex