KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
25 Mei 2022 0:0:0 160

Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan di Kota Palu

Ket: Kakankemenag saat berikan materi pada kegiatan Bimbingan Manasik Haji tingkat Kecamatan


Palu (Kemenag Sulteng) – Pelaksanaan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan Kota Palu di bagi dalam empat zona, yakni KUA Kecamatan Palu Barat bergabung dengan Ulujadi di aula Kemenag  Kota Palu, Kecamatan Palu Timur dengan Palu Utara di Masjid Al Hidayah, Kecamatan Palu Selatan dengan Tatanga di Masjid Darun Naim, dan KUA Kecamatan Mantikulore dengan Tawaeli di Masjid Uswatun Hasanah Kota Palu, Rabu (25/5/)

Penyampaian materi hari pertama kegiatan bimbingan manasik haji di empat zona tingkat kecamatan yang diberikan oleh pemateri dengan antusias, semangat, begitu juga para peserta sangat mencermati, mengikuti bimbingan manasik yang diselenggarakan, sehingga proses pelaksanaan bimbingan manasik haji di tingkat Kecamatan tampak berjalan dengan lancar dan baik.

Kakankemenag Nasruddin L. Midu sebagai pengantar materinya di empat zona mengatakan bahwa penyelenggaraan bimbingan manasik haji tingkat KUA Kecamatan merupakan bimbingan kelompok. Seluruh jemaah haji yang terdaftar sebagai jemaah haji di tingkat Kecamatan, sesuai dengan jadwal pembinaan manasik haji yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama Kota Palu dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 25-26 Mei 2022.

Pertemuan perdana penyampaian materi tentang ibadah haji yang didalamnya dijelaskan tentang Kebijakan Pelaksanaan Ibadah Haji, Fiqih Haji, pengertian ibadah haji, jenis haji, rukun-rukun haji dan tata cara haji, serta bimbingan perjalanan ibadah haji, materi tentang hikmah ibadah haji, pelestarian haji mabrur, dan terkait dengan kesehatan haji.

“Lebih Lanjut Nasruddin menjelaskan tentang hikmah ibadah haji yang mengenai bentuk kepatuhan dan penyerahan diri kepada Allah SWT, meluruskan niat, dan tercapainya haji mabrur seutuhnya memahami setiap proses pemaknaannya,”jelasnya.

“Nasruddin L. Midu juga mengungkapkan tentang ibadah haji yang disertai dengan ibadah umrah yakni Ihram/Miqat, niat dan bacaan Talbiyah, Tawaf, Sa’i, Tahallul, dan larangan selama Ihram. Kemudian tentang kesehatan para jama’ah haji karena dalam melakukan ibadah haji memerlukan fisik yang sehat dan kuat agar terlaksananya ibadah haji yang baik,”ungkapnya.

Kesempatan yang sama Nasruddin menambahkan bahwa bimbingan manasik para Jemaah haji akan mendapatkan materi tentang hak dan kewajiban jemaah haji memperoleh bimbingan manasik, memperoleh pelayanan dokumen, akomodasi, transportasi, konsumsi dan pelayanan kesehatan selama di tanah air dan Arab Saudi, mematuhi tata tertib dan aturan tentang penyelenggaraan haji dan menjaga nama baik bangsa dan negara selama di Arab Saudi.

“Saya pesan kepada jemaah haji agar berlaku jujur kepada sesama manusia dan kepada Allah swt, kedepankan akhlak terpuji, banyak berzikir, berdoa ditempat-tempat mustajab, berkomitmen untuk ibadah mencari kecintaan dan keridhaan Allah swt, semoga menjadi haji mabrur yang balasannya rahmat, berupa surga yang penuh kenikmatan,”tutup Nasruddin.

(By Kasman)

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex