KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
21 Juli 2021 0:0:0 8096

Ibadah Qurban Merupakan Motivasi Untuk Lebih Peduli

Ket:


Touna (Kemenag Sulteng) – Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban merupakan hari di mana sebagian besar umat muslim melaksanakan ibadah qurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah bukan karena semata-mata nilai binatang qurbannya. Inti dari ibadah qurban adalah keikhlasan dan ketaqwaan bukan hanya daging dan darahnya. "Segala titik darah yang keluar nilainya adalah ibadah, dan jelas di dalam hadits rasulullah bahwasanya binatang yang diqurbankan tersebut akan menjadi tunggangan di hari kiamat nati,"

Dalam rangka pelaksanaan hari raya Idul Adha 1442 H Tahun 2021, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tojo Una-Una kembali melaksanakan penyembelihan hewan Kurban seperti tahun sebelumnya  sebanyak lima ekor sapi  dengan rincian 4 ekor Sapi dari Pegawai Kemenag Touna dan 1 ekor dari kelompok Dharma Wanita Kemenag Touna , Rabu (21/07/21).

Proses kegiatan penyembelihan hewan Kurban dilaksanakan di Batampolo Kel. Dondo dan disaksikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tojo Una-Una Firmasnyah bersama Kasubbag TU dan Kepala Seksi.

Firmasnyah mengatakan ibadah ini merupakan rutinitas tahunan yang selalu dilaksanakan oleh Kantor Kemenag Tojo Una-Una. “Alhamdulillah walau dalam masa pandemi  tahun ini Kantor Kemenag Tojo Una-Una Tetap melaksanakan penyembelihan lima ekor sapi”, ucapnya.

Qurban bagi umat Islam adalah ungkapan terima kasih kepada Allah atas limpahan rezeki dengan cara berbagi makanan berharga kepada mereka yang tidak mampu. Penyembelihan hewan qurban sebenarnya sudah ada sejak pra-Islam. Penyembelihan qurban menurut Islam adalah untuk memadamkan ego dan keinginan pribadi kepada Allah”, katanya.

Dalam  proses penyembelihan hewan kurban tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan surat edaran Menteri Agama Nomor 16 Tahun 2021

koordinator pelaksana penyembelihan hewan qurban Kantor Kemenag Tojo Una-Una Ridwan L. Lawenga mengatakan bahwa penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada Hari kedua yaitu tanggal 11 dzulhijjah.”, ujarnya.

“lima ekor sapi yang disembelih merupakan keikhlsan dari ASN Kantor Kemeneg Tojo Una-Una dan kelompok Dharma Wanita Kemenag Touna yang ingin berkurban. Daging kurban tersebut nantinya akan didistribusikan kepada fakir miskin yang berhak menerima”jelasnya.

Tags terkait: -
Editor: HUMAS Ahsan
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex