KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Aminuddin MAN IC KOPA Kontributor
30 Maret 2024 9:39:0 350

Talk Show Interaktif Edukasi Anti Bullying MAN Insan Cendekia Kota Palu

Ket: Foto Bersama Tim P5P2RA MAN IC Kota Palu bersama Narasumber ibu Joice Irene, S.Kep., Ns.


 

MAN IC PALU(Kemenag Sulteng),- Madrasah Aliyah Negeri(MAN) Insan Cendekia(IC) Kota Palu melaksanakan Talk Show Interaktif  edukasi anti perundungan di satuan pendidikan, Kamis, 28 Maret 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan di gedung auditorium MAN Insan Cendekia Kota Palu, mengusung tema “Don’t Bully Be a Friend.” Narasumber kegiatan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Tengah Ibu Joice Irene S.Kep.,Ns.

Acara mulai dilaksanakan jam 08.00 wita diawali dengan acara pembukaan. Dalam acara pembukaan Januar Rachman, S.Pd., M.Pd sebagai Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik sekaligus sebagai koordinator utama pelaksanaan P5 dan P2RA menyampaikan laporan terkait projek semester genap yang akan dilaksanakan. Dijelaskannya kegiatan talk show ini adalah salah satu bagian dari P5 dan P2RA semeseter, yang bertujuan untuk memambah khasanah pengetahuan peserta didik terhadap permasalahan yang akan dibahas yaitu Anti Bullying. Setelah mereka memiliki pengetahuan yang cukup, maka akan dilanjutkan dengan pembuatan poster yang bertema Anti Bullying. Selanjutnya,  agar muncul keseriusan dan peserta didik dalam membuat karyanya akan diberikan apresiasi dari pihak madrasah kepada pemiliki poster terbaik 1, 2 dan 3. Waktu pelaksanaan proyek ini direncanakan berkahir pada bulan April, ujar Januar Rachman dalam laporannya.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Palu Hj.Mardiati Rosmah, memberi penguatan dan pengarahan bahwa MAN Insan Cendekia Kota Palu sudah memilki komitmen yang besar terhadap kasus perundungan di madrasah. Bahkan kami menjadi salah satu bagian yang membuat MoU dengan KPAI Pusat tentang kejahatan perundungan di satuan pendidikan.

“Saya berpesan kepada ananda peserta talk show, kasus kekerasan tidak hanya dalam bentuk fisik tetapi juga dalam bentuk verbal, olehnya kita selalu menjaga tingkah laku dan perkataan dalam kehidupan di madrasah terutama di asrama. Pihak madrasah tidak akan mentolerir jika ada kasus tentang perundungan/bullying di madrasah, kami akan mengambil tindakan tegas,” tegas Mardiati, dalam sambutannya.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P2RA). Kegiatan P5 dan P2RA semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024 MAN Insan cendekia merencanakan dua tema yakni Bangunlah Jiwa dan Raganya dan Kewirausahaan. Tema bangunlah jiwa direncanakan sampai bulan April dan kemudian dilanjutkan dengan Tema Kewirausahaan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi sharing terkait tema Edukasi Anti Bullying di Satuan Pendidikan “Don’t Bully Be a Friend” .

 

 

 

 

 

 

Editor: Humas Ahsan
Fotografer: Humas
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex