KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Aminuddin MAN IC KOPA Kontributor
24 Maret 2024 11:6:0 435

Tasyakkur Tahfizh Al Quran Siswa MAN IC Kota Palu

Ket: Foto bersama setelah Pengukuhan secara simbolis oleh Kakanwil Kemenag Sulteng.


MAN IC PALU(Kemenag Sulteng),-Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC)  Kota Palu menggelar Tasyakkur Tahfizh Al Qur’an untuk santri angkatan 6 (Alvatru) di gedung Audiotorium MAN IC Kota Palu dengan tema Hidup Bersahaja dengan Al Quran. (Sabtu, 23/03/24).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng Dr. H. Kiflin Pajala, M.Pd.I, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu Dr. H. Ahmad Hasni, M.Pd, Kepala RRI Stasiun Kota Palu yang diwakili oleh Kabag T.U RRI Palu Samsu, S.E, Pengawas Pembina Madrasah, Drs. Sahrir, M.Pd, Ketua Komite Dr. Djamil Muhammad Nur, M.Pfis, tokoh masyarakat setempat dan civitas akademika MAN IC Kota Palu.

Kepala Madrasah Hj. Mardiati Rosmah, S.Ag., M.Ag mengungkapkan acara Tasyakkur Tahfiizh Quran hari ini adalah bentuk Khatam Quran, adgenda ini merupakan hal perdana yang dilakukan di MAN IC Kota Palu. Acara wisudah tahfiizh seperti ini akan menjadi agenda tahunan MAN IC Kota Palu. 

Capaian hafalan 3 juz Al Quran adalah kurikulum nasional bagi MAN IC se Indonesia. ALVATRU sebagai angkatan ke 6 MAN IC Kota Palu berhasil menghafal sesuai dengan tuntutan kurikulum nasional MAN IC dengan sistem setoran hafalan. Sebanyak 82 peserta didik kelas XII mengikuti wisudah tahfiz hari ini yang terdiri dari 42 orang putra dan 40 orang putri, ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Kakankemenag Kota Palu Dr.H.Ahmad Hasni, M.Pd, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anak-anakku yang hari ini sudah bisa menjadi tahfidz quran. sungguh beruntung anak-anaku sekalian terpilih oleh Allah SWT sebagai golongan orang yang menjaga Al Quran. Olehnya anak yang menghafal Al Quran akan memberikan syafaat kepada orang tuanya di hari kiamat nanti. "Saya juga berpesan kepada anak-anakku yang saat ini duduk di kelas X dan XI, agar bisa menghafal lebih dari yang diperoleh oleh kakak kalian yang sekarang,” pesannya. 

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Drs. H. Ulyas Taha, M.Pd, memberikan motivasi dahsyatnya Al Quran dan penghafalnya. Menjadi penghafal harus memiliki pribadi yang tawadhu’ jangan membantah apalagi durhaka kepada orang tua sebab sekali membanta hafalan akan hilang, pesannya.

Selanjunya Kakanwil kemenag sulteng didampingi oleh Kakankemenag Kota Palu bersama Kepala MAN IC Kota Palu melakukan Pengukuhan Wisudah Tahfiizh kepada siswa secara simbolik yang diwakili satu santri dan santriwati. Acara diakhiri dengan doa dan dialnjutkan dengan kegiatan buka puasa bersama dilanjutkan dengan sholat magrib secara berjamaah di gedung auditorium MAN IC Kota Palu.

"Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada madrasah, sebab Tahfiz Qur'an ini adalah program ekstra dari madrasah, bukan program pokok, tapi Tahfizh Qur'an ini menjadi program tambahan yang unggul di madrasah Insan Cendikia Palu ini. Dirinya berharap semoga kegiatan seperti ini menjadi daya tarik atau pendorong orang tua untuk menyekolahkan Anak-anaknya di Madrasah Insan Cendekia Kota Palu.”

 

Editor: -
Fotografer: Humas
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex