KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
4 Januari 2023 0:0:0 29

Peringatan HAB Kemenag ke 77, Menag Minta ASN Menjadi Simpul Kerukunan Umat

Ket:


Parigi (Kemenag Sulteng) - Pelaksanaan puncak upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke-77 di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Parigi Moutong berlangsung hikmat dan lancar.

Bertindak selaku Inspektur upacara wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, Selasa 3 Januari 2023 di halaman gedung PLHUT Kemenag Parimo.

Peringatan HAB Kemenag RI ke-77 Tahun 2023 agak berbeda dari biasanya, karena pada tahun ini peserta upacara menggunakan pakaian adat Nusantara.

Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai yang membacakan amanat Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas yang menyatakan Pada HAB ke-77 tahun 2023 ini, dicanangkan tagline Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat.

Hal ini tentu menjadi tugas berat yang mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama apalagi menjelang Pemilu 2024. Menurut Badrun di tahun politik ini, potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, pasti ada. Politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral dan tempat ibadah sebagai ajang kampanye, sudah mulai terjadi.

Penggunaan politik identitas menjelang Pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai. Kita semua mesti belajar pada apa yang terjadi pada pesta demokrasi sebelumnya, di mana masyarakat terbelah yang hingga kini masih bisa dirasakan, terutama di media sosial.

Olehnya keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus menjadi yang terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai, agar perjalanan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya.

Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama. Tidak melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan serta harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Melalui peringatan HAB ke-77 ini juga mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi, yakni berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agamayang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tegas Badrun.

Upacara HAB Kemenag RI ke-77 tahun 2023 di kabupaten Parigi Moutong di hadiri oleh Kepala KanKemenag Parimo Ahmad Hasni, Forkopimda Parigi Moutong, Para Pimpinan Organisasi Keagamaan dan Kemasyarakatan, Para Pimpinan Bank BUMN, pejabat eselon IV KanKemenag Parimo, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah, Kepala KUA kecamatan dan seluruh ASN Kemenag Parimo.(Ahdal)

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex