KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
HUMAS Ahsan Kontributor
28 April 2024 12:22:0 81

Tingkatkan Kesehatan Jemaah Haji, Kementerian Agama Launching Senam Haji Indonesia

Ket: Senam Haji Bersama


 

Palu(Kemenag Sulteng), Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah secara daring mengikuti Launching Senam Haji Indonesia sekaligus Peragaan Batik Haji Indonesia yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia yang dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Ahad 28 April 2024.

Untuk Kanwil Kemenag Sulteng launching Senam Haji dilaksanakan bertempat dihalaman Kanwil Kemenag yang diikuti calon jemaah haji, Petugas Haji, petugas kloter, Pembimbing Ibadah, petugas kesehatan, KBIH Babussalam, dan BSI jalan Gajah Mada.

Kakanwil Kemenag Sulteng diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Makmur Muhammad Arief, dalam arahannya menyampaikan kegiatan ini pertama kalinya diprogramkan Kementerian Agama sebagai ikhtiar pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan jemaah haji yakni dengan menciptakan Senam Haji Indonesia. karena kesehatan jemaah haji saat ini menjadi perhatian pemerintah.

Berbagai ikhtiar pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan jemaah haji terus dilakukan. Salah satunya dengan menciptakan Senam Haji Indonesia. Olehnya upaya menjaga kesehatan para jemaah sepanjang prosesi haji menjadi perhatian. Dengan senam ini, kami berharap jemaah dapat tetap bugar dan sehat sepanjang prosesi penyelenggaraan ibadah haji, tuturnya.

Makmur Muhammad Arief mengungkapkan senam haji ini menjadi bagian dari manasik jemaah haji. Selain senam haji, ada juga senam peregangan jemaah haji. Ini fungsinya untuk menjaga istita'ah kesehatan jemaah haji.

Menurutnya senam haji ini menjadi hal yang selalu di lakukan semenjak berangkat nanti sampai kembali ke tanah air. Tentu ini menjadi baik buat kita semua karena diperjalanan haji ternyata secara istita’ah kita benar-benar 75 persen itu adalah kegiatan fisik yang selalu kita harus perhatikan, selebihnya 25 persen untuk zikir rohaniah.

“Salah satu kesyukuran adalah kita ditetapkan dan ditakdirkan oleh Allah SWT, secara jasmania kita masih diberikan umur, tapi secara rohaniah niat hajat kita insyaAllah sudah dijabah oleh Allah SWT menunggu kita diRauda, diMultazam dan Baitullah insyaAllah Aamin Ya Rabbal Alamin,” sambung Makmur.

Makmur mengatakan insyaAllah calon jemaah haji Provinsi Sulawesi Tengah kloter pertama akan masuk Asrama Haji Transit Palu tanggal 23 Mei 2024 kemudian menuju embarkasi Balikpapan 24 Mei. Kalau tidak salah jumlah setiap kloter 324 didukung oleh petugas kesehatan, Perawat, di bantu tenaga kesehatan Daerah, pembimbing ibadah haji Daerah itu ada di setiap kloter. Ada juga yang tidak karena Kab tidak mengutus. Olehnya dengan semua itu, kerjasama, silaturahmi, kebersamaan kita dalam hal mensukseskan kegiatan ibadah haji di tahun ini dan akan datang. insyaallah niat, hajat kita mendapatkan haji mabrur dan diterima oleh Allah SWT.

“Mari kita sama-sama untuk selalu saling mengingatkan untuk bersama-sama menjaga kesehatan.”

Tags terkait: Haji
Editor: -
Fotografer: HUMAS Ahsan
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex