KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Kartini S. Ag. Kontributor
27 April 2024 17:0:0 28

Haflah Akhirussanah MAN 1 Banggai

Ket: Kepala Kantor Kemenag Banggai memberi pesan di Kegiatan Akhirussanah MAN 1 Banggai


Luwuk (Kemenag Sulteng) - MAN 1 Banggai melaksanakan kegiatan Haflah Akhirussanah atau perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 169 siswa dengan jurusan IPA, IPS, dan keagamaan dengan tema Dedikasi Madrasah Untuk Negeri, Wujudkan generasi Unggul, Berprestasi dan Qur’ani. Sabtu, 27/4/2024.

Kepala kantor Kemenag Banggai Drs. H. Suardi Kandjai, M.Pd didampingi Kasi Pendis serta Kepala MTsN 1 Banggai menghadiri kegiatan yang di laksanakan di Aula Swiss Bell Inn Luwuk.

Suardi Kandjai mengucapkan selamat kepada para siswa-siswi MAN 1 Banggai yang telah dinyatakan lulus.

“Selamat kepada para siswa-siswi yang telah selesai melaksanakan studi nya selama di MAN 1 Banggai dengan segala konsekuensinya selama menempuh pendidikan di Madrasah,” ujarnya.

“Kalian semua sudah menyelesaikan satu proses atau fase pendidikan, tentu ini adalah bukan hal yang mudah karena didalam perjalanannya tentu kalian membutuhkan kerja keras, kedisiplinan, kejujuran dan pengorbanan sampai kelain mencapai titik saat ini,” imbuhnya.

Terakhir  Kepala kantor berpesan apa pun ilmu yang didapatkan dari madrasah agar menjadi modal untuk lebih mengembangkan diri yang masih memiliki perjalanan panjang.

“Anak-anakku sekalian perjalanan kalian masih panjang jangan cepat puas dan jangan berhenti sampai disini, silahkan lanjutkan perjuangan kalian dalam menuntut ilmu baik di perguruan tinggi umum maupun  yang linear dengan pendidikan kalian di madrasah seperti di Universitas Islam,” Imbuhnya

Kepala MAN 1 Banggai Muhammad Basri, S.Pd., M.Pd memaparkan tentang pentingnya nilai karakter dan akhlak dalam kehidupan siswa di masa mendatang. Menurutnya, setinggi apapun prestasi akademik seorang siswa tak akan berdampak positif bagi lingkungan sekitarnya jika tak disandingkan dengan karakter dan akhlak mulia. Karena itu diharapkan para siswa nantinya selalu memegang teguh nilai karakter dan akhlak ini.Apalagi di era teknologi seperti saat ini dengan adanya teknologi Artificual Intelegensi (AI) semua bisa dengan mudah ditiru tapi hanya 1 yang tidak bisa dijangkau oleh kecerdasan buatan yakni akhlakul karimah, akhlak yang mulia, maka selaku lulusan dari Madrasah saya berpesan kepada anak anakku tanamkan dalam diri kalian bahwa kalian adalah lulusan dari Madrasah, kalian harus mampu melakukan filterisasi perubahan perubahan yang terjadi.

Muhammad Basri saat menerima penyerahan siswa dari madrasah kepada orang tua, beliau mengurai tentang syarat-syarat berhasil seorang siswa di masa depan. Syarat yang dimilki siswa adalah memiliki ilmu, tekun dan tidak bermalas-malasan, hormat pada kedua orang tua dan menghargai jasa guru. Jika orang tua adalah guru biologis kalian para siswa, maka guru di sekolah adalah guru spiritual bagi kalian”. Ungkapnya.

Kegiatan berlangsung sangat khidmat di saat penyerahan medali dan atribut berlangsung terlihat rasa haru para guru dan siswa karena telah bersama selama tiga tahun dengan banyak cerita selama menempuh pendidikan. Harapan para guru semoga menjadi orang-orang bermanfaat untuk masyarakat. Ungkap Kartini Wakamad Kehumasan MAN 1 Banggai.

 

Editor: Zidiarman
Fotografer: Kartini S. Ag.
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex