KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
- Kontributor
18 Juli 2019 0:0:0 492

KEMENAG BALUT GELAR UPACARA 17 BULAN BERJALAN

Ket:


HUMAS (Kemenag Balut) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut menggelar upacara rutin setiap tanggal 17 bulan berjalan yang bertempat di halaman Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Tanobonunungan, Rabu (17/07/2019).

Upacara tersebut dihadiri oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, Kepala Seksi, Penyelenggara, Kepala Madrasah Negeri dan seluruh ASN lingkup Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut.

 

Pelaksanaan upacara setiap tanggal 17 bulan berjalan adalah merupakan salah satu upaya membangun karakter ASN agar terus disiplin dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, serta mengembangkan budaya kerja yang lebih baik dalam mewujudkan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat yang dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banggai Laut Drs. H. Abdul Muluk Lanonci, MM dalam sambutannya selaku pembina upacara menyampaikan arahan kepada bapak/ibu dewan guru bahwa pendidikan itu merupakan proses yang pasti melibatkan agama karena tidak ada aktifitas kehidupan yang tidak melibatkan agama, seseorang bisa tau bukan karena dia tau tapi karena adanya campur tangan Tuhan Yang Maha Kuasa, olehnya itu berdasarkan kajian-kajian yang telah diikuti menyatakan bahwa diera moderen saat ini tidak ada lagi istilah anak yang bodoh disekolah, yang ada hanyalah karena lambat menyerap sesuatu.  

“olehnya itu, banyak masalah yang kita saksikan disekolah hari ini diberbagai tempat, sekolah dan madrasah, itu bukan karena anak itu sendiri, bukan kesalahan siapa-siapa, karena ketika kita menyalahkan anak itu sendiri, berarti kita menyalahkan waktu itu. Tetapi yang harus kita ketahui sebagai guru dan orang tua bahwa kita ditantang oleh situasi itu, bagaimana kita bisa melahirkan berbagai metode, berbagai pemikiran baru, berbagai cara untuk mendidik anak-anak kita” ungkap Abdul Muluk.

Tambahnya, Abdul Muluk mengutip sebuah ayat yang berbunyi :

???????? ?????????? ?????? ??????? ??????????????? ??? ???????? ??????????? ?????????????? ????? ????????????? ???????????????? ?????? ??????? ???????? ????????? ??????????

Artinya : Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. (Q.S. Al-Isra : 70).

“Dalam Islam disampaikan seperti itu bahwa “Allah Subhanahu Wata’ala mengangkat derajat kita, manusia, derajat anak-anak kita, lalu kemudian hanya karena salah kebijakan kita, maka kita banyak mengorbankan anak-anak kita yang pintar dinegeri ini. Tidak ada anak kita yang bodoh, karena ia terlahir dari dalam diri kita, dan dilahirkan dengan sebuah rekayasa luar biasa sehinggah terlahirlah kita sebagai manusia.

Upacara berjalan dengan baik dan lancar walaupun kondisi cuaca hujan tetapi tidak mengurangi semangat dari seluruh peserta upacara baik ASN dan siswa-siswi untuk tetap hadir mengikutinya. (SU)

Tags terkait: -
Editor: Lilis Basira
Fotografer: -
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex