KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Humas Monica Kontributor
2 Mei 2024 11:9:0 86

Hardiknas 2024, Kakanwil Ingatkan Perubahan Bidang Pendidikan Merupakan Tanggung Jawab Bersama

Ket: Kakanwil serahkan piagam penghargaan guru dedikatif kepada salah satu guru sebagai rangkaian upacara peringatan Hardiknas di MAN 2 Kota Palu, Kamis (2/5/2024).


Palu (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Ulyas Taha, menekankan bahwa perubahan di bidang pendidikan merupakan tanggung jawab bersama.

Hal ini ditegaskan Kakanwil pada upacara bendera yang dipimpinnya dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dengan mengusung tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, di MAN 2 Kota Palu, Kamis (2/5/2024).

“Perubahan menuju kemajuan dalam dunia pendidikan selalu menjadi usaha kita, karena pendidikan adalah tempat untuk melakukan perubahan secara masif,” imbuh Kakanwil.

Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Ulyas Taha.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengingatkan kepada guru, tenaga kependidikan, dan pengawas madrasah untuk membangkitkan kembali semangat agar betul-betul memberikan perhatian khusus terhadap dunia pendidikan.

Menurutnya, Kemenag yang diberi tugas oleh negara untuk mengurus urusan agama dan pendidikan, merasa bersyukur menjadi bagian dari kelompok pendidikan.

“Pendidikan kita di Indonesia harus berlandaskan nilai-nilai agama, sejalan dengan status kita sebagai negara beragama yang berdasarkan Pancasila,” lanjutnya.

Ia menambahkan bahwa pendidikan agama dan keagamaan, terutama di madrasah dan pendidikan agama di sekolah, memegang peranan sangat penting.

“Kita dihadapkan pada tantangan dalam mengurusi bidang kependidikan. Meskipun kebijakan tidak disusun oleh kita, namun kita juga menjadi penentu agar pendidikan di negeri kita ini tidak lepas dari nilai-nilai agama,” tuturnya.

Ia juga menyerukan pentingnya membangun moderasi beragama di lingkungan pendidikan, yang merupakan program prioritas Kemenag.

“Kita harus melahirkan siswa-siswa yang memahami agama. Dalam hal ini pemahaman implementasi nilai-nilai agama tidak hanya tentang hubungan dengan Allah SWT, tetapi juga tentang hubungan dengan sesama manusia,” sebutnya.

Ia berpesan bahwa moderasi beragama harus diterapkan tidak hanya bagi orang yang berbeda agama, tetapi juga bagi penganut agama yang sama namun dari kelompok yang berbeda.

“Kita tetap harus hidup saling menghormati, sebagaimana diajarkan oleh agama kita,” pungkasnya.

Upacara dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada guru dan tenaga kependidikan dedikatif di lingkungan MAN 2 Kota Palu.

Tampak hadir Kepala Kemenag Kota Palu, Kepala Seksi Pendidikan Islam Kemenag Kota Palu, dan Kepala-Kepala beberapa Madrasah di Kota Palu.

Tags terkait: Pendis
Editor: Humas Monica
Fotografer: HUMAS Ahsan
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex