KaKanwil Sulteng Tinjau Pembangunan Gedung RKB di MTsN 4 Parigi 14.143 Peserta Lulus Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Kemenag Angkatan I MAN Biau Peringati Maulid 1445 H, Menyebar Keteladanan Dalam Jejak Nabi NGOPI Zona Tolitoli dan Buol, Inovasi untuk Perkembangan Pendidikan Islam
Ratna Dewi Kontributor
5 Februari 2024 9:35:0 55

19 Anggota Pramuka MAN Tolitoli Sukses Jalani Pengembaraan 28 KM

Ket: Pengembaraan Laksana 28 KM Gudep Sultan Hasanuddin 01.1011 R.A Kartini 01.1012 Pangkalan MAN Tolitoli


MAN Tolitoli (Kemenag Sulteng) - Sebanyak 19 anggota Pramuka Gudep Sultan Hasanuddin 01.1011 R.A Kartini 01.1012 Pangkalan MAN Tolitoli berhasil menyelesaikan kegiatan pengembaraan atau perjalanan melewati medan gunung dan jalan raya sejauh 28 kilometer. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari Jumat (2/2/2024) hingga Minggu (4/2/2024).

Kegiatan tersebut diawali dengan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Ka MABIGUS MAN Tolitoli, Muhammad A.Y Rumi.

"Kegiatan ini tentunya memiliki dampak positif bagi anggota Pramuka dalam membentuk rasa solidaritas, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan antar anggota Pramuka," ucap Muhammad.

Muhammad juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu syarat pengambilan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Laksana. TKU Laksana adalah tingkat kecakapan tertinggi dalam Pramuka Penegak dan Pandega. Untuk mendapatkan TKU Laksana, anggota Pramuka harus menunjukkan kemampuan dalam berbagai bidang, seperti kepemimpinan, keterampilan, pengetahuan, dan sikap.

Para anggota Pramuka memulai perjalanan mereka dengan dimulai dari MAN Tolitoli. Mereka melewati RRI Tolitoli, Puncak Gunung Jati Lembah Kel. Baru Tolitoli, Buper Olisan Bulaan Dusun Mae Desa Dadakitan, dan diakhiri dengan Kembali ke titik lokasi MAN Tolitoli. Dengan total jarak yang ditempuh sejauh 28 kilometer, mereka harus menghadapi berbagai tantangan dan rintangan.

Pembina Pramuka satuan putra, Rustam H. Usman, menjelaskan bahwa tujuan kegiatan pengembaraan ini adalah menguji kemampuan bertahan hidup di alam terbuka, memberikan bekal pengetahuan praktis kepada anggota Pramuka yang dapat berguna sepanjang hidup mereka, menanamkan jiwa kerja sama antar anggota Pramuka, dan melatih kekuatan dan ketahanan fisik anggota Pramuka.

"Kegiatan pengembaraan ini juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan potensi diri dan mengasah karakter anggota Pramuka. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan pengalaman yang berharga bagi mereka," tutur Rustam.

Tags terkait: MAN MAN TOLITOLI
Editor: Humas Monica
Fotografer: Ratna Dewi
HUBUNGI KAMI

JL. Prof Moh Yamin, Birobuli Utara, Kec. Palu Selatan Kota Palu, Sulawesi Tengah 94231

0451488920

kanwilsulteng@kemenag.go.id

Follow Us
GIAT KEAGAMAAN
UNIT KERJA

2023 © Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah HTML Codex