Selamat Datang di Website Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah      |        Tahap II, 1 Triliun Bantuan Pesantren di masa Covid Segera Cair       |       Ujian Psikotes SKB CPNS Di Kemenag Parimo Berjalan Lancar      |          Hindari Virus Dan Bakteri, Kemenag Parimo Laksanakan Kerja Bakti         |         Kakanwil Mengajak Madrasah Di Sulteng Ikuti Madrasah Robotic Competition 2020 

LOGO KEMENTERIAN AGAMA

Berbagai variasi logo Kementerian agama dapat dengan mudah dicari di internet. Namun, rupanya logo yang muncul ketika Anda melakukan pencarian, tidak ditemukan logo yang seragam. Lantas, manakah logo Kementerian Agama yang benar?

Sudahkan Satuan Kerja Anda menggunakan Logo Kemenag Yang Benar?

 

Gambar di atas adalah logo Kementerian Agama yang Sudah didigitalkan sesuai Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 717 Tahun 2006 tentang Lambang Departemen Agama. 

Adapun untuk penggunaan warna, berikut Kode warna yang digunakan:

Berdasarkan KMA tersebut, berikut makna dari logo Kemenag:

  1. Bintang bersudut lima melambangkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam Pancasila, bermakna bahwa karyawan Kementerian Agama selalu menaati dan menjunjung tinggi norma-norma agama dalam melaksanakan tugas Pemerintahan dalam Negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.
  2. 17 kuntum bunga kapas, 8 baris tulisan dalam Kitab Suci dan 45 butir padi bermakna Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, menunjukkan kebulatan tekad para Karyawan Kementerian Agama untuk membela Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.
  3. Butiran padi dan kapas yang melingkar berbentuk bulatan bermakna bahwa Karyawan Kementerian mengemban tugas untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, makmur dan merata.
  4. Kitab Suci bermakna sebagai pedoman hidup dan kehidupan yang serasi antara kebahagiaan duniawi dan ukhrawi, materil dan spirituil dengan ridha Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.
  5. Alas kitab suci bermakna bahwa pedoman hidup dan kehidupan harus ditempatkan pada proporsi yang sebenarnya sesuai dengan potensi dinamis dari Kitab Suci.
  6. Kalimat “Ikhlas Beramal” bermakna bahwa Karyawan Kementerian Agama dalam mengabdi kepada masyarakat dan Negara berlandaskan niat beribadah dengan tulus dan ikhlas.
  7. Perisai yang berbentuk segi lima sama sisi melambangkan kerukunan hidup antar umat beragama RI yang berdasarkan Pancasila dilindungi sepenuhnya sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945.
  8. Keseluruhan makna lambang Kementerian Agama adalah melukiskan motto: Dengan iman yang teguh dan hati yang suci serta menghayati dan mengamalkan Pancasila yang merupakan tuntutan dan pegangan hidup dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, karyawan Kementerian Agama bertekad bahwa mengabdi kepada negara adalah ibadah.

sumber: Biro Humas, Data dan Informasi Kementerian Agama RI
bisa diunduh di sini: 
unduh logo kemenag png
 

Follow Us

BERITA POPULER

Kakanwil Tegaskan Penyuluh Agama Jaga Netralitas
  Palu(Kemenag Sulteng),- Penyuluh Agama memiliki peran yang sangat strategis di tengah masyarakat. Olehnya itu, peran itu jangan sampai disalahgunakan untuk masuki
Umumkan 88.278 Penerima Bantuan, Wamenag: Manfaatkan untuk Pencegahan Covid dan Tolak Pemotongan
  Siaran Pers Kementerian Agama *Umumkan 88.278 Penerima Bantuan, Wamenag: Manfaatkan untuk Pencegahan Covid dan Tolak Pemotongan!* Kementerian Agama hari ini
Kementerian Agama Merilis Peringatan Hari Santri 2020
  Palu(Kemenag Sulteng),Kementerian Agama merilis peringatan Hari Santri Tahun 2020, pada hari Kamis 1 Oktober 2020 di Jakarta, oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid
Kakanwil Mengajak Madrasah Di Sulteng Ikuti Madrasah Robotic Competition 2020
  Palu(Kemenag Sulteng),-Kementerian Agama menggelar Madrasah Robotic Competition 2020 atau Kompetisi Robotik 2020. Menanggapi hal tersebut, Kakanwil Kemenag Provinsi

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO