Kabid Penmad Laksanakan Pembinaan ASN

Kabid Penmad Laksanakan Pembinaan ASN

MIN 1 Tolitoli (Kemenag Sulteng) –  Usai melaksanakan penilaian Kinerja Kepala Madrasah, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Madrasah (Penmad) Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah, Gasim Yamani melaksanakan Pembinaan kepada seluruh Kepala Madrasah, guru dan Jabatan Pelaksana yang dilaksanakan di MIN 2 Tolitoli, Sabtu (12/12).

Dalam Pembinaan tersebut Kabid Penmad didampingi oleh Kepala Seksi Tenaga Pendidikan Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng, Ihsan, dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Tolitoli, Lasinrang Dg. Matara.

Dalam arahannya, Gasim mengingatkan kepada seluruh guru-guru bahwa guru itu terbagi atas tiga yaitu pertama Muallim, kedua Mudarris dan ketiga Murabbi.

“Muallim atau Mudarris fungsinya yaitu mentransfer sesuatu kepada orang lain, maka yang seperti ini kita di ibaratkan seperti google dan mungkin google itu lebih baik dari kita,” jelasnya.

Selanjutnya jadilah seorang Murabbi, seorang guru yang memberikan ilmu pengetahuan kepada peserta didik, memberikan ilmu yang bermanfaat dan memperkenalkan kepada anak-anak kita bahwa segala sesuatu itu adalah ciptaan Allah serta nikmat Allah yang harus kita   syukuri. “Mari Kita menjadi Murabbi yaitu seorang pendidik  yang mampu menjadikan anak-anak madrasah menjadi anak yang hebat,” katanya.

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian  Agama Kabupaten Tolitoli Lasinrang Dg. Matara  mengucapkan terima kasih dan bersyukur, karena disamping penilaian kinerja kepala madrasah, mendapat pembinaan juga dari Kepala Bidang Madrasah dan Kepala Seksi Tenaga Kependidikan Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Seksi Tenaga Kependidikan Kanwil Kemenag Sulteng Ihsan mengatakan bahwa penilaian kinerja kepala madrasah ini dilaksanakan untuk menjadi bahan pertimbangan, apakah seorang kepala madrasah bisa melanjutkan jabatannya atau tidak.

"Kalau di tahun pertama Kepala Madrasah penilaiannya tidak baik, apalagi di sekolah Negeri bisa saja Kepala Madrasah itu diberhentikan. Olehnya diharapkan Kepala Madrasah dapat  berkompotisi untuk mendapatkan nilai yang baik," tutur Ihsan.

Kegiatan pembinaan juga dihadiri oleh Tim pengawas Kantor Kemenag Tolitoli, Ketua Komite MIN 1 Tolitoli, Kamad dan pelaksana MAN Tolitoli, Kamad MIN 2 Tolitoli, seluruh Kepala Madrasah Induk KKM MIN 1 Tolitoli, serta guru dan pelaksana MIN 1 Tolitoli. (Rusnaini/ Suherman).