Selamat Datang di Website Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah      |        Kakanwil Kemenag Sulteng Buka Workshop Guru PAK Di Parimo       |       Kakankemenag Parimo Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Nahdhatul Khairat      |          PHU Kemenag Donggala Laksanakan Penyuluhan Haji Bagi Penyuluh Non PNS         |         Kemenag Siapkan Regulasi Umrah di Masa Pandemi 

Sukseskan Pemilukada, Kemenag Tolitoli Gelar Dialog Virtual

Tolitoli (Kemenag Sulteng) -  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli menggelar kegiatan dialog daring dengan tema peran tokoh dan penyuluh agama dalam mensukseskan pemilukada serentak Kabupaten Tolitoli Tahun 2020, Kamis (16/7).

Kegiatan dialog ini dibuka oleh Bupati Tolitoli yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekertariat Daerah Tolitoli Muh. Nur Munawar.

Hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli H. Muchlis, Kadis Kominfo Tolitoli Rudy Bantilan, Ketua KPU Tolitoli Suleman pajalani, Ketua Bawaslu Tolitoli Fajar Syadik, Kasubag TU Kemenag Tolitoli Salam P. Daimarinu, Kasi Bimais Kemenag Tolitoli H. Husni Mubarak, Tokoh-tokoh agama yakni Ketua MUI Tolitoli, Ketua GPIBT Tolitoli, Pastor Paroki Kristus Raja, Ketua PHDI Tolitoli, Pengurus Cabang Magabudi Tolitoli, serta penyuluh agama se Kabupaten Tolitoli.

Bupati Tolitoli dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Muh Nur Munawar memberikan apresiasi kepada Kantor Kementerian Kabupaten Tolitoli yang telah melaksankan kegiatan dialog virtual ini. ‘Kegiatan ini merupakan sarana efektif untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tokoh  dan penyuluh agama tentang peran dan fungsinya dalam mensukseskan pemililhan kepala daerah”, ungkapnya.

“Peran tokoh agama sangat penting dalam menjaga kondusifitas suatu wilayah dengan memberikan pemahaman pada umat lintas agama melalui penyuluhan terkait bagaimana menjaga nilai-nilai demokrasi mencegah konflik demi mewujudkan pemilihan yang damai dan bermartabat khusunya di Kabupaten Tolitoli”, katanya.

“Tokoh agama mempunyai peran yang sangat strategis dalam rangka menggerakkan partisipasi masyarakat dalam momentum pemilihan umum termasuk pada penyelenggaraan pemilukada,” jelasnya.

Ketua panitia pelaksana Salam P. Daimarinu dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan dialog virtual diikuti oleh tokoh-tokoh agama yang ada di Kabupaten Tolitoli serta seluruh penyuluh agama se Kabupaten Tolitoli. kegitan ini diprakarsai oleh Kantor Kementerian agama Kabupaten Tolitoli bekerjasama dengan Dinas Komunkasi dan informatika Kabupaten Tolitoli serta menghadirkan dua nara sumber dari KPU dan Bawaslu Kabupaten Tolitoli.

Dalam sambutannya Kadis Kominfo berharap kepada penyuluh agama sebagai ujung tombak Kementerian agama untuk dapat memberikan imbauan  kepada masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam mensukseskan pemilukada serentak tahun 2020. Rudy juga mengajak kepada penyuluh agama untuk mensosisalisasikan kepada masyarakat untuk tidak golput dalam pemilukada serta tidak menyebarkan berita hoaks.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli H. Muchlis mengatakan bahwa pemilukada serentak tahun 2020 adalah sebuah pesta demokrasi yang akan melahirkan pemimpin yang terbaik dan berkualitas baik ditingkat daerah maupun di provinsi.

“Pemilukada ini tidak hanya dibebankan kepada KPU dan bawaslu sebagai penyelenggara akan tetapi dibutukkan peran dan dukungan semua pihak”, Ungkapnya.

Olehnya  diharapkan peran tokoh dan penyuluh agama untuk mengambil peran aktif dalam mensukseskan pemilukada serentak tahun 2020 ini. “Dengan peran tokoh  dan penyuluh agama diharapkan suhu politik yang ada dapat terkendali dengan pesan-pesan agama yang disampaikan,” harapnya.

Diakhir sambutannya, Muchlis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kadis Kominfo beserta jajaranya serta seluruh tokoh dan penyuluh agama yang bersemangat mengikuti kegiatan ini. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar sampai akhir serta dapat memberikan kontribusi dalam pelaksanaan pemilukada serentak tahun 2020.

Selanjutnya dalam pemaparannya baik Ketua KPU maupun Ketua Bawaslu Kabupaten Tolitoli berharap kepada seluruh tokoh dan penyuluh agama agar dapat membantu untuk mensosialisasikan dan menyampaikan beberapa hal tentang tahapan pemilukada baik dimasjid maupun di gereja maupun pada  kegiatan kegiatan keagamaan lainnya.

Penulis (Suherman)
Editor: Lilis

 

Follow Us

BERITA POPULER

Catat, Ini Rincian Jadwal dan Lokasi SKB CPNS Formasi 2019 Kemenag
  Siaran Pers Kementerian Agama Catat, Ini Rincian Jadwal dan Lokasi SKB CPNS Formasi 2019 Kemenag Kementerian Agama hari ini mengumumkan rincian jadwal dan lokasi
Dzurrotun Ghola: Penyuluh Agama Islam Kandidat #ASNInspiratif 2020
  Siaran Pers Kementerian Agama Dzurrotun Ghola: Penyuluh Agama Islam Kandidat #ASNInspiratif 2020 Semua manusia ingin dirinya bermanfaat bagi orang banyak. Hal
Dana BOS Madrasah dan Pesantren tahun 2020 Tetap Naik 100 Ribu
  Siaran Pers Kementerian Agama Dana BOS Madrasah dan Pesantren tahun 2020 Tetap Naik 100 Ribu Menteri Agama Fachrul Razi memastikan dana BOS Madrasah dan Pesantren
Sebanyak 55 Calon Jamaah Haji Kabupaten Morowali Mengikuti Pembinaan Manasik Pra Haji
  Morowali(Kemenag Sulteng),-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali melaksanakan kegiatan Pembinaan Manasik Pra Haji di Penginapan Anunta Baru minggu

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO