Selamat Datang di Website Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah      |        Kakanwil Kemenag Sulteng Buka Workshop Guru PAK Di Parimo       |       Kakankemenag Parimo Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Nahdhatul Khairat      |          PHU Kemenag Donggala Laksanakan Penyuluhan Haji Bagi Penyuluh Non PNS         |         Kemenag Siapkan Regulasi Umrah di Masa Pandemi 

Sosialisasi Pengawasan Pemilukada, Kakankemenag Sampaikan Hal Ini

Tolitoli (Kemenag Sulteng) – Penyuluh Agama adalah seorang yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang oleh pemerintah secara penuh untuk melaksanakan bimbingan keagamaan dan penyuluhan pembangunan melalui bahasa agama kepada masyarakat.

Pesan ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Muchlis, saat membawakan materi sosialisasi netralitas penyelenggara negara pada pilkada tahun 2020 yang dilaksanakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tolitoli di Hotel Bumi Harapan Tolitoli, Kamis (23/7).

“Tugas penyuluh agama itu sendiri bukan sekedar melakukan pendidikan dan bimbingan agama pada umat, tetapi juga melakukan penyuluhan pembangunan termasuk bagaimana keikutsertaan pemilukada serentak tahun 2020”, jelas Muchlis.

Penyuluhan pembangunan yang dimaksud adalah memberikan penerangan tentang program-program pemerintah melalui bahasa agama guna meningkatkan peran serta umat dalam melaksanakan pembangunan dan pengembangan umat dalam upaya pemberdayaan kehidupan agar manu dan mandiri.

Selain itu, penyuluh agama juga mempunyai tiga fungsi yakni pertama fungsi informatif dan edukatif, kedua adalah fungsi konsultatif dan ketiga fungsi advokatif.

“Berdasarkan kedudukan, tugas dan fungsi penyuluh agama sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama, netralitas penyuluh agama wajib dilaksanakan dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di Kabupaten Tolitoli”, ajak Muchlis.

Diakhir materinya, Muchlis mengajak kepada kepada seluruh penyuluh agama untuk dapat menempatkan posisi sebagai orang yang berada ditengah dan tidak memihak pada salah satu pasangan calon walaupun keluarga.

Sosialisasi ini diikuti seluruh Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS se Kabupaten Tolitoli dengan mengusung tema Implementasi penegakan netralitas penyelenggara negara/ penyuluh agama pada pemilihan kepala daerah tahun 2020 di lingkup Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli.

Penulis (Suherman)

Follow Us

BERITA POPULER

Catat, Ini Rincian Jadwal dan Lokasi SKB CPNS Formasi 2019 Kemenag
  Siaran Pers Kementerian Agama Catat, Ini Rincian Jadwal dan Lokasi SKB CPNS Formasi 2019 Kemenag Kementerian Agama hari ini mengumumkan rincian jadwal dan lokasi
Dzurrotun Ghola: Penyuluh Agama Islam Kandidat #ASNInspiratif 2020
  Siaran Pers Kementerian Agama Dzurrotun Ghola: Penyuluh Agama Islam Kandidat #ASNInspiratif 2020 Semua manusia ingin dirinya bermanfaat bagi orang banyak. Hal
Dana BOS Madrasah dan Pesantren tahun 2020 Tetap Naik 100 Ribu
  Siaran Pers Kementerian Agama Dana BOS Madrasah dan Pesantren tahun 2020 Tetap Naik 100 Ribu Menteri Agama Fachrul Razi memastikan dana BOS Madrasah dan Pesantren
Sebanyak 55 Calon Jamaah Haji Kabupaten Morowali Mengikuti Pembinaan Manasik Pra Haji
  Morowali(Kemenag Sulteng),-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali melaksanakan kegiatan Pembinaan Manasik Pra Haji di Penginapan Anunta Baru minggu

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO