Secara Virtual, Kakanwil Kemenag Buka Workshop Manajemen Konflik Dan Jurnalisme Damai

Palu (Kemenag Sulteng)-Kemajemukan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sebagai kekayaan yang tidak ternilai harganya. Namun disisi lain memiliki potensi terjadinya disintegrasi, sehingga dapat menimbulkan konflik antar umat beragama maupun etnis.

Olehnya peran tokoh agama sangatlah penting dan dibutuhkan dalam membangun kerukunan dan keselarasan ditengah masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenag Sulteng Ulyas Taha, saat membuka Workshop Manajemen Konflik dan Jurnalisme Damai di Hotel Santika Palu secara virtual, Senin (25/10/2021).

Menurut Ulyas, peristiwa konflik mempunyai nilai berita yang tinggi, sehingga masyarakat membutuhkan kehadiran media untuk memantau kondisi dan menyatakan pendapat menurut versi mereka masing-masing. 

Olehnya Kakanwil meminta kepada media untuk lebih obyektif dan berimbang dalam meliput peristiwa konflik antar umat beragama.

Melalui kegiatan ini saya harapkan para tokoh agama mampu menjadi jembatan strategis bagi umat untuk menggairahkan moderasi beragama baik dalam keyakinan dan pemahaman keagamaan maupun tindakan konkret dalam melakukan pencegahan, mediasi dan penyelesaian konflik antar umat beragama utamanya media massa dan media sosial.

Diakhir sambutannya Kakanwil berpesan kepada Para tokoh agama/penyuluh lintas agama dapat membumikan moderasi beragama melalui media sosial melalui tulisan mengajak kepada perdamaian dan persaudaraan sehingga tercipta kerukunan dan toleransi, serta dapat mengkampanyekan moderasi beragama secara masif dan terukur.

"Nosarara  Nosabatutu, Masintuvu Kita Maroso Morambanga Kita Marisi."

Kegiatan ini diikuti sebanyak 45 peserta dari Penyuluh Lintas Agama se-Sulawesi Tengah. Turut menghadiri pembukaan secara virtual, Kepala Balai Pelatihan Kementerian Agama Manado dan Kabag Tata Usaha Kemenag Sulteng.

Follow Us

BERITA POPULER

Kepala MAN Balut Mengadakan Koordinasi Dengan Panitia Ujian Semester Ganjil Sekaligus Monitoring
  MAN Balut (Kemeneg Sulteng)-Kepala MAN Balut dalam ruangannya mengadakan koordinasi dengan panitia ujian semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 sekaligus melakukan
Ketua DWP Kemenag Sulteng lakukan Pembinaan Sekaligus Silahtuhrahmi
  Ampana (Kemenag Touna)— Bertempat di Aula Café d’langit Kabupaten Tojo Una Una, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sulteng, didampingi Wakil Ketua I dan
Kunjungan Kerja, Kakanwil Buka Workshop IPIM di Kabupaten Bangkep
  Bangkep(Kemenag Sulteng)- Dalam kunjungan kerja yang dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengah di Kabupaten Banggai Kepulauan, Kakanwil juga
Bimas Kristen Kemenag Sulteng Gelar Ibadah Natal 2021
  Palu (Kemenag Sulteng) – Mengambil tema “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”, Bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kantor

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO