Peringatan HAB Kemenag Ke-76, Kementerian Agama Kota Palu Laksanakan Upacara di Man 2 Palu

Keterangan Gambar : Walikota Palu Membacakan Pidato Menteri Agama Pada Upacara HAB Ke-76 Kementerian Agama RI


Palu (Kemenag Sulteng) --- Walikota Palu Hadianto Rasyid, bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan hari amal bakti (HAB) Kementerian Agama RI Ke-76 tahun 2022, untuk tingkat Kementerian Agama Kota Palu dilaksanakan di MAN 2 Palu, dengan tagline transformasi layanan umat, Senin, (03/01/2022).

Hadir dalam upacara tersebut, Dandim 1306, Kapolres, KakanKemenag Kota Palu, Forkopimda, para pimpinan OPD Kota Palu, Tokoh lintas Agama, Perwakilan Ormas, Para Kepala KUA, Para ASN dari MI, MTs, MA se Kota Palu.

Upacara Peringatan HAB Ke-76, Walikota Palu, Hadianto Rasyid, selaku Pembina upacara membacakan pidato seragam serentak Menteri Agama Republik Indonesia, H Yaqut Cholil Qoumas.

“Pada hari ini, Senin, tanggal 03 Januari 2022, keluarga besar Kementerian Agama Kota Palu memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama RI dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan dan mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua,” jelasnya.

Menurutnya, pada setiap Hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari, dicanangkan sebagai KICK OFF pelaksanaan program/kegiatan tahun berjalan.

“Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan Iayanannya, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya,” terangnya.

Dalam sambutan seragam Menteri Agama RI juga memaparkan peningkatan indeks kesalehan umat beragama.

 “Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya lndeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 persen pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. lndeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 persen menjadi sebesar 72,39 persen pada tahun 2021. lndeks Kepuasan Layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 persen pada tahun 2019 menjadi 78,90 persen pada tahun 2021,” ujarnya.

Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka lintas agama, organisasi dan Iembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

“Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik di tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi, dan fasilitasi. Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya, kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2020. Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2016” pungkasnya.

Walikota Palu menyampaikan selamat memperingati HAB ke-76 kepada Kementerian Agama Kota Palu.

“Saya ucapkan selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama RI, terkhusus Kemenag Kota Palu, Semoga Kementerian Agama terus berkarya, berjaya, serta menjadi pelayan masyarakat yang lebih baik,” tutup Hadianto Rasyid.

(Kasman)

Follow Us

BERITA POPULER

Guru dan Siswa MAN Tolitoli Torehkan Prestasi Nasional
  Tolitoli (MAN TOLITOLI),- Torehan Prestasi diraih oleh seorang guru Matematika yang mengajar di MAN Tolitoli An.Destria Pitaloka Pertiwi, raih Medali Perak dalam Ajang
Lepas Purna Bhakti,Kamad Ucapkan Terima Kasih Atas Pengabdiannya
  (Man Tolitoli),- Kepala MAN Tolitoli menyampaikan terima kasih kepada Guru Madrasah Aliyah yang telah memasuki masa purna tugas. Acara pelepasan yang memasuki purna
Setelah Dua Tahun, Akhirnya Salat Idul Fitri Kembali Di Gelar di Vatulemo
  Palu (Kemenag Sulteng) --- Pemerintah Kota Palu akhirnya kembali bisa menggelar Salat Idul Fitri (Id) di Lapangan Vatulemo setelah dua tahun tak digelar karena Pandemi
Kasi Pendis Laksanakan Sidak ASN MAN 2 Kota Palu di Hari Pertama Masuk Kerja
  MAN 2 Kota Palu (Kemenag Sulteng) – Kepala Seksi Pendidikan Islam (Kasi Pendis) Kantor Kementerian Agama Kota Palu laksanakan kegiatan Inspeksi Mendadak (Sidak)

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO