Selamat Datang di Website Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah      |        Tahap II, 1 Triliun Bantuan Pesantren di masa Covid Segera Cair       |       Ujian Psikotes SKB CPNS Di Kemenag Parimo Berjalan Lancar      |          Hindari Virus Dan Bakteri, Kemenag Parimo Laksanakan Kerja Bakti         |         Kakanwil Mengajak Madrasah Di Sulteng Ikuti Madrasah Robotic Competition 2020 

Pengurus APRI Cabang Kab. Sigi Dikukuhkan

Sigi (Kemenag Sulteng) - Pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Kabupaten Sigi periode 2020-2023 dikukuhkan oleh Ketua APRI Wilayah Sulawesi Tengah, H. Lutfi A. Godal.

Pengukuhan dilaksanakan  disela acara Pembinaan BOP KUA  di aula Kantor Kemenag Kab. Sigi di Maku, Selasa 21 Juli 2020.

Dalam sambutannya, Kakankemenag Kab. Sigi As’at, mengharapkan pengurus yang baru dikukuhkan untuk meningkatkan sinergi program dan kegiatan dengan Seksi Bimais (Bimbingan Masyarakat Islam), agar terwujud kepenghuluan yang berintegritas. Menurutnya tanpa penghulu yang berintegritas, sulit diharapkan lahirnya pelayanan KUA berkualitas. Namun dengan niat, tekad dan kerja sama yang baik, KUA di Sigi dapat kembali mengharumkan nama Sulawesi Tengah di ajang nasional, katanya dengan optimis.

Selanjutnya Ketua APRI Wilayah Sulteng, H. Lutfi A Godal mengatakan pembentukan APRI melalui perjalanan cukup panjang. Wadah organisasi penghulu yang sebelumnya bernama Kelompok Kerja Penghulu (Pokjahulu) resmi berubah menjadi APRI, setelah terbitnya PMA Nomor 7 tahun 2020 tentang Pembentukan Organisasi Jabatan Profesi di Lingkungan Kementerian Agama dan Hasil Munas APRI tanggal 16 s.d 18 Juli 2019 di Bogor.

PMA tersebut juga disusul Surat edaran Dirjen Bimais Nomor 1819 tahun 2020 tentang Pembentukan APRI wilayah Provinsi,  Kabupaten dan Kota.

Menurut Lutfi, kehadiran APRI juga dilatarbelakangi kasus hukum yang menjerat oknum penghulu terkait gratifikasi. Sehingga disepakati perlu membentuk wadah berhimpun baru yang bisa memperjuangkan aspirasi penghulu, termasuk dalam hal advokasi dan menjaga etika kepenghuluan. 

“Jadi, APRI merupakan hasil perjuangan panjang rekan-rekan penghulu dari berbagai daerah" ujar Lutfi yang pada 2019 lalu meraih juara IV Lomba KUA Teladan Tingkat Nasional. 

Dia berharap, pengurus APRI Cabang Kab. Sigi dalam menjalankan roda organisasi senantiasa berkoordinasi dan bekerja sama dengan unsur pembina APRI kabupaten. Selain itu, menjunjung tinggi kode etik penghulu, menjaga Integritas, profesionalitas, menjadi teladan serta inovatif dalam pengembangan kegiatan kepenghuluan.

Hadir pula dalam pengukuhan ini, Kasubag TU H. Abdul Mun’im, Kasi Bimais dan PHU  H. Abjan Jauhar dari Kemenag Kab. Sigi.

APRI Kabupaten Sigi merupakan pengurus cabang pertama yang dikukuhkan sesuai AD/ART di Sulawesi Tengah.

Pengurus APRI Cabang Kab. Sigi  yang dikukuhkan antara lain Ketua Amin Parakasi, Sekretaris Zed Bahmid dan Bendahara Nasaruddin Alip. Ketiganya merupakan hasil pilihan formatur yang ditetapkan dalam musyawarah cabang APRI Kab. Sigi.* (lutfi)

Editor: Lilis

Follow Us

BERITA POPULER

FGD Evaluasi, Kepala Kemenag Bangkep Ingatkan Kelola BOP dengan Baik
  Bangkep (Kemenag Sulteng) - Kementerian Agama Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) Evaluasi dan Pengelolaan Biaya Operasional
Kakanwil Membuka Rapat Kerja Kemenag Kota Palu
  Palu (Kemenag Sulteng) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah Rusman Langke, membuka Rapat Kerja Kemenag Kota Palu
Kakanwil Lantik 18 Pejabat Fungsional Kemenag Sulteng
  Palu (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, Rusman Langke melantik Delapan Belas Pejabat Fungsional Arsiparis dan
Kakankemenag Tolitoli Hadiri Ramah Tamah Yang digelar Pemda Tolitoli
  Tolitoli (Kemenag Sulteng) -  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Muchlis menghadiri acara Ramah Tamah Bupati Tolitoli terpilih Amran H. Yahya dan

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO