MTsN 1 Kota Palu Adakan Workshop Tekhnik Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif

Keterangan Gambar : Foto Saat Kegiatan Workshop (30/09/2021)


Palu (Kemenag Sul–Teng) Kegiatan workshop Rilis E-Learning Madrasah 4.0.0 Serta Desain Media Berbasis Video Pembelajaran MTsN 1 Kota Palu (30/9/2021). Kegiatan ini merupakan bentuk persiapan dalam menghadapi masa Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di madrasah.

Dalam kegiatan ini selaku pemateri adalah Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Harifuddin, tersebut memuat materi tentang langkah–langkah dalam pembuatan video media pembelajaran. Dalam pemaparannya, Harifuddin, menjelaskan konsep media pembelajaran yang inovatif dan interaktif.

Selain itu, juga diberikan contoh tools yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif, salah satunya adalah dengan menggunakan media PowerPoint yang menarik dibantu dengan aplikasi Zoom Screen Recorder. Melalui Zoom, guru dapat merekam video pembelajaran serta melakukan presentasi dan dilanjutkan dengan livestreaming kepada siswa melalui YouTube sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran secara online.

Pembuatan video sebagai media pembelajaran agar dibuat semenarik mungkin. ”Untuk pembuatan video yang menarik diperlukan materi yang menarik juga, sebagai langkah awal bapak ibu dapat menyiapkan sebuah file powerpoint yang tidak monoton, bisa ditambahkan dengan gambar atau animasi, warna yang menarik serta pemilihan transisi slide yang berbeda,” ujarnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala MTsN 1 Kota Palu, Hj. Rusdiana,  menyampaikan Workshop ini di laksanakan selama dua hari (29-30/09/2021), harapannya yaitu semoga dengan kegiatan ini kompetensi guru di MTsN 1 Kota Palu, khususnya dalam bidang pembuatan media pembelajaran yang interaktif menjadi meningkat dan dapat diimplementasikan pada saat pembelajaran online. “Seluruh Guru MTsN 1 Kota Palu wajib memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang baik dalam memanfaatkan IT sebagai salah satu media pembelajaran, sehingga pembelajaran online dapat berjalan dengan maksimal. Kita harus berani melakukan inovasi secara cepat dan tepat sesuai dengan perkembangan zaman,” harapnya.

“Dan setiap RPP yang telah disusun oleh bapak ibu guru dapat diwujudkan dalam bentuk video untuk pembelajaran online tersebut, hal ini selaras dengan arahan dari Kasi Pendis Kemenag Kota Palu,” ungkap Rusdiana.

*Supardi*

 

Follow Us

BERITA POPULER

Kakankemenag Terima Silaturahmi DMI Kota Palu Bahas Beberapa Agenda
  Palu (Kemenag Sulteng) -- Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, menerima kunjungan silaturahmi pengurus DMI (Dewan Masjid Indonesia) Kota Palu di Ruang
Setelah Dua Tahun, Akhirnya Salat Idul Fitri Kembali Di Gelar di Vatulemo
  Palu (Kemenag Sulteng) --- Pemerintah Kota Palu akhirnya kembali bisa menggelar Salat Idul Fitri (Id) di Lapangan Vatulemo setelah dua tahun tak digelar karena Pandemi
Guru dan Siswa MAN Tolitoli Torehkan Prestasi Nasional
  Tolitoli (MAN TOLITOLI),- Torehan Prestasi diraih oleh seorang guru Matematika yang mengajar di MAN Tolitoli An.Destria Pitaloka Pertiwi, raih Medali Perak dalam Ajang
Lepas Purna Bhakti,Kamad Ucapkan Terima Kasih Atas Pengabdiannya
  (Man Tolitoli),- Kepala MAN Tolitoli menyampaikan terima kasih kepada Guru Madrasah Aliyah yang telah memasuki masa purna tugas. Acara pelepasan yang memasuki purna

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO