Selamat Datang di Website Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah      |        Kakanwil Kemenag Sulteng Buka Workshop Guru PAK Di Parimo       |       Kakankemenag Parimo Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Nahdhatul Khairat      |          PHU Kemenag Donggala Laksanakan Penyuluhan Haji Bagi Penyuluh Non PNS         |         Kemenag Siapkan Regulasi Umrah di Masa Pandemi 

Kemenag Tolitoli Gelar Pembinaan PAI Konten Dakwah Via Medsos

Tolitoli (Kemenag Sulteng) – Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli melaksanakan pembinaan Penyuluh Agama Islam konten dakwah via media sosial tahun 2020, Selasa (4/8).

kegiatan yang dipusatkan di Aula Kecamatan Galang ini diikuti sebanyak 30 Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS ditiga Kecamatan yaitu Baolan, Galang dan Tolitoli Utara.

Kegiatan pembinaan ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli H. Muchlis, Kasi Bimais H. Husni Mubarak dan Dinas Kominfo Andi Suherman.

Dalam materinya tentang penyuluh yang berkualitas Husni berharap kepada seluruh penyuluh agama islam baik PNS maupun Non PNS agar selalu melakukan inovasi dalam berdakwah ditengah-tengah masyarakat.

“Kedepan penyuluh bisa memanfaatkan informasi dan teknologi (IT) dan media sosial lainnya dengan cerdas dalam melaksanakan penyuluhan”, harapnya.

Husni juga berpesan kepada para penyuluh agar senantiasa mengedepankan sikap bijaksana, sopan serta menjaga etika dalam memberikan informasi konten dakwah  melalui media sosial.

Dikesempatan yang sama Andi suherman dalam materinya tentang optimalisasi media sosial dan media online mengharapkan kepada penyuluh agama islam agar dapat mengoptimalkan dan memanfaatkan keberadaan media sosial dan media online  untuk hal-hal positif sebagai sarana dakwah bagi para penyuluh.

Diera digital ini, penyuluh agama islam harus bisa memanfaatkan media sosial sebagai salah satu sarana dakwah yang efektif dalam penyampaian pesan-pesan keagamaan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli Muchlis dalam materinya menjelaskan tentang strategi dakwah islam rahmatanlilalamin di sosial media dan melawan radikalisme.

Dijelaskan bahwa definisi dakwah secara terminologi adalah kegiatan yang bersifat menyeruh, mengajak dan memanggil orang itu beriman dan taat kepada allah sesuai garis aqidah, syariat dan akhlak islam.

“Radikalisme menurut kamus besar bahasa indonesia ada tiga yaitu pertama paham atau aliran yang radikal dalm politik, kedua paham atau aliran yang menginginkan perubahan/pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan, ketiga sikap ekstrim dalam aliran politik”, katanya.

Selain itu, ada juga tantangan yang menjadi prioritas penyuluh agama yakni terkait dengan radikalisme. Sehingga peran penyuluh agama untuk menyampaikan islam yang rahmatan lil alamin itu sangat penting. Tunjukkan bahwa islam itu rahmatan lil alamin, keberadaan islam itu rahmat bagi semuanya.

penyuluh agama islam merupakan ujung tombak Kementerian Agama ditengah-tengah masyarakat dalam menyampaikan dakwah. olehnya itu, penyuluh agama memiliki tanggung jawab yang besar dalam memberikan informasi yang baik dan benar kepada masyarakat.

Penulis : Suherman

Follow Us

BERITA POPULER

Catat, Ini Rincian Jadwal dan Lokasi SKB CPNS Formasi 2019 Kemenag
  Siaran Pers Kementerian Agama Catat, Ini Rincian Jadwal dan Lokasi SKB CPNS Formasi 2019 Kemenag Kementerian Agama hari ini mengumumkan rincian jadwal dan lokasi
Dzurrotun Ghola: Penyuluh Agama Islam Kandidat #ASNInspiratif 2020
  Siaran Pers Kementerian Agama Dzurrotun Ghola: Penyuluh Agama Islam Kandidat #ASNInspiratif 2020 Semua manusia ingin dirinya bermanfaat bagi orang banyak. Hal
Dana BOS Madrasah dan Pesantren tahun 2020 Tetap Naik 100 Ribu
  Siaran Pers Kementerian Agama Dana BOS Madrasah dan Pesantren tahun 2020 Tetap Naik 100 Ribu Menteri Agama Fachrul Razi memastikan dana BOS Madrasah dan Pesantren
Sebanyak 55 Calon Jamaah Haji Kabupaten Morowali Mengikuti Pembinaan Manasik Pra Haji
  Morowali(Kemenag Sulteng),-Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali melaksanakan kegiatan Pembinaan Manasik Pra Haji di Penginapan Anunta Baru minggu

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO