Kemenag Parimo Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Perjiwa 2,5 Kg Beras (Rp. 25.000,-)

Parigi(Kemenag Sulteng)-Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Parigi Moutong telah menetapkan besaran Zakat Fitrah tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi. 

Hal tersebut sesuai dengan surat Kemenag Parigi Moutong Nomor: B 528/Kk.22.09/3/BA.03.1/04/2021 tanggal 20 April 2021 tentang penetapan zakat fitrah di kabupaten Parigi Moutong. 

Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kemenag Parimo Subhan Lapu menyatakan besaran pokok zakat fitrah pada tahun ini, masih hampir sama dengan penetapan zakat fitrah pada tahun sebelumnya, yakni 2,5 kilo gram atau 3,5 liter beras perjiwa/orang.

Subhan mengatakan zakat fitrah bisa juga di bayar dalam bentuk uang tunai sebesar Rp25 ribu. Dengan perhitungan harga beras yang biasa dikonsumsi yakni Rp10 ribu perkilogram.

Sebelum menetapkan besaran zakat fitrah Kemenag Parimo telah melakukan surfey akan harga bahan pokok beras di pasar, dan juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) kabupaten Parigi Moutong.

Selanjutnya Subhan mengimbau kepada masyarakat, sehubungan masih di khwatirkannya penyebaran wabah pandemi covid 19, maka pihak Kemenag Parigi Moutong meminta, agar meminimalkan kontak langsung antar orang perorang, saat melakukan pembayaran zakat fitrah maupun zakat mall.

"bisa  melalui transfer ke rekening kepada pihak yang telah di tunjuk oleh pemerintah, dalam hal ini Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), LAZ/UPZ Parimo."

Demikian pula saat pembagian/penyaluran zakat kepada mustahik, di upayakan tidak melalui tukar menukar kupon secara langsung, yang akan menimbulkan kerumunan masyrakat, ujarnya. (Ahdal)

Follow Us

BERITA POPULER

Masih Pandemi, Pemerintah Tidak Memberangkatkan Jemaah Haji 1442 H
  Siaran Pers Kementerian Agama *Masih Pandemi, Pemerintah Tidak Memberangkatkan Jemaah Haji 1442 H* Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah
MAN TOUNA Raih Runner Up Lomba Perpustakan Sekolah Terbaik Se-Sulawesi Tengah
  MAN Touna (Kemenag Sulteng) - Pada Tanggal 31 Mei 2021 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah telah menobatkan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tojo
Hari Ketiga Ujian Semester, Kepala Man Balut: Alhamdulillah Berjalan Dengan Lancar
  (Man Banggai Laut),- Hari ketiga ujian, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Banggai Laut melaksanakan monitoring pelaksanaan ujian semester genap tahun pelajaran
PAT Semester Genap MAN Biau, Kembali Bersama Android
  Buol(MAN BIAU) – Hari ini Rabu tanggal 2 Juni 2021 MAN Biau kembali menyelenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis android.   Ujian PAT ini akan

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO