Kemenag Morowali Tetapkan Zakat Fitrah Tahun Ini Lebih Awal

Keterangan Gambar : Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali, Mahadin. Memimpin acara rapat penetapan zakat fitrah, di Mesjid Rujab Nur Anwar  Kelurahan Matansala Kec Bungku Tengah  Kab. Morowali, Senin (12/4).


Morowali (Kemenag Sulteng) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali, yang diwakili Plh. Mahadin. Menggelar rapat penetapan zakat fitrah, di Mesjid Rujab Nur Anwar  Kelurahan Matansala Kec Bungku Tengah  Kab. Morowali, Senin (12/4).

Penetapan zakat fitrah pada tahun ini lebih awal dilaksanakan agar dimasa pandemi ini kelompok masyarakat yang menjadi mustahiq dapat terbantu kebutuhan mereka,” ungkap Mahadin.

Nilai pembayaran Zakat Fitrah Tahun 2021 ini sebesar Rp 32 ribu per jiwa. Penetapan zakat fitrah juga berdasarkan hasil musyawarah yang melibatkan Kemenag dan Baznas Kabupaten Morowali disesuaikan dengan harga beras sebanyak 3,5 liter atau 2,5 Kg per jiwa, imbuhnya.

Mahadin, mengharapkan agar UPZ ( Unit Pengumpul Zakat) di desa untuk menyampaikan  pelaporan sesuai dengan format yang telah disebar  lewat Kantor Urusan Agama se Kabupaten Morowali.

Pada moment yang sama, Ketua Basnaz Kab. Morowali. Hamamuddin Menyampaikan juga arahannya tentang penting penyetoran zakat lewat lembaga resmi yang telah dibentuk, sementara Wakil Ketua I Ust Abd. Razaq dan wakil ketua III  Ust. Muhammad Ardi memaparkan secara gamblang dan jelas terkait Fiqh Zakat.

pendistribusian zakat tersebut merupakan kewenangan Baznas untuk disalurkan ke kaum mustahik (penerima).

Dimana kaum mustahik penerima zakat itu di antaranya fakir miskin, anak yatim piatu, ibnu sabil, janda, jompo hingga mualaf. Semoga dana zakat fitrah itu  dapat meringankan beban ekonomi warga mustahik, terlebih menghadapi Idul Fitri 1442 Hijriyah," Jelasnya.

Hadir dalam sosialisasi tersebut kepala Kantor Urusan Agama Se Kabupaten Morowali, Kepala Desa, Imam Desa dan Pengurus UPZ Desa Se Kec. Bungku Tengah.( Suha)

Follow Us

BERITA POPULER

Masih Pandemi, Pemerintah Tidak Memberangkatkan Jemaah Haji 1442 H
  Siaran Pers Kementerian Agama *Masih Pandemi, Pemerintah Tidak Memberangkatkan Jemaah Haji 1442 H* Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan bahwa pemerintah
MAN TOUNA Raih Runner Up Lomba Perpustakan Sekolah Terbaik Se-Sulawesi Tengah
  MAN Touna (Kemenag Sulteng) - Pada Tanggal 31 Mei 2021 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah telah menobatkan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tojo
Hari Ketiga Ujian Semester, Kepala Man Balut: Alhamdulillah Berjalan Dengan Lancar
  (Man Banggai Laut),- Hari ketiga ujian, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Banggai Laut melaksanakan monitoring pelaksanaan ujian semester genap tahun pelajaran
PAT Semester Genap MAN Biau, Kembali Bersama Android
  Buol(MAN BIAU) – Hari ini Rabu tanggal 2 Juni 2021 MAN Biau kembali menyelenggarakan Penilaian Akhir Tahun (PAT) berbasis android.   Ujian PAT ini akan

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO