Kakanwil  H. Ulyas Taha, Memberikan  Sambutan Penguatan Kelembagaan  Organisasi  FKUB Donggala

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sulteng, H. Ulyas Taha, memberikan sambutan dan arahan pada penguatan kelembagaan organisasi FKUB Kabupaten Donggala


Donggala (Kemenag Sulteng),- Kepala  Kantor  Wilayah Kementerian Agama Provinsi  Sulawesi Tengah , H. Ulyas Taha,  memberikan sambutan pada kegiatan Penguatan Kelembagaan Organisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang dilaksanakan oleh FKUB Provinsi Sulawesi Tengah,  di Anna Jazz Hotel  Donggala, Kamis (31/3-2022).

Dalam kegiatan Muhibbah (Cinta kasih) kerukunan untuk memperkuat Trilogi Kerukunan, kerukunan Intern Umat Beragama, antar umat beragama, dan antara umat beragama dengan pemerintah.

Kakanwil  H. Ulyas Taha, mengatakan bahwa masalah agama sangat sensitif  maka perlu ada yang mengurus, olehnya keberadaan FKUB  sangat  tepat  untuk menjembatangi apabila ada timbul konflik masalah agama, dan  pengurus FKUB dituntut juga  untuk senantiasa meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan  mereka dan menjaga kokompakan  dalam melaksanakan tugasnya.

Menurutnya, aliran-aliran keagamaan atau aliran sampalan dan paham radikal timbul karena masih rendahnya pemahaman sebagian masyarakat terhadap keharusan beragama yang benar  sesuai dengan petunjuk Al-Qur”an  dan Hadist serta penafsiran ulama terhadap  titah Allah SWT.

Olehnya itu, tugas FKUB sebagai sumber edukasi dan penyelematkan  umat, karenanya perlu strategi yang dapat dilakukan dan diajarkan kepada masyarakat, untuk melindungi  umat  dan menghindari  terjadinya pemahaman  masyarakat yang radikal, terangnya.

Pada kesempatan yang sama,  Ketua FKUB  Provinsi  Sulawesi Tengah, H. Zainal Abidin, menyampaikan hal yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut  untuk mendeteksi sejak dini terhadap munculnya paham radikalisme dan konflik  antara umat beragama yang bisa muncul di tengah masyarakat, juga dalam rangka menjaga konsep keummatan wasathah(penegah) dalam bingkai persatuan  menjadikan Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin, sehingga bisa membumi di tengah masyarakat, ungkapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kakankemenag Donggala, H. Rusdin, mengungkapkan kegiatan penguatan kelembagaan organisasi FKUB, dalam  kegiatan Muhibbah kerukunan untuk memperkuat trilogi kerukunan, yang dilaksanakan oleh FKUB Provinsi Sulawesi Tengah di Donggala, menjadi motivasi serta pemahaman buat pengurus FKUB Donggala, agar semakin  cerdas dan profesional dalam menyikapi bila ada muncul gejala perselisihan antar umat beragama di tengah masyarakat, tuturnya.

Kegiatan tersebut, dihadiri Sekretaris FKUB Provinsi Sulawesi Tengah serta jajarannya, Kepala Kesbangpol Donggala mewakili Bupati Donggala, Ketua FKUB Donggala, bersama Jajarannya, tokoh Agama, tokoh masyarakat  dan tokoh wanita .

Follow Us

BERITA POPULER

Jelang Masa Armuzna Jemaah Haji Sulteng Kloter BPN-5 Manasik Setiap Hari
  Mekkah (Kemenag Sulteng) - Pembimbing Ibadah Kloter BPN-5 Moh Falatehan, saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (2/7/2022) mengatakan manasik Kloter BPN-5
Ratusan Jemaah Haji Kloter BPN-4 Sulteng Selesai Pemotongan Dam
  Mekkah (Kemenag Sulteng) Ketua Kloter BPN-4 Riatman Nursin, melaporkan ratusan jemaah kloter BPN-4 telah menyelesaikan pemotongan dam, Sabtu 2 Juli 2022. Pada hari
Komite MAN Tolitoli Gelar Rapat Perdana Bersama Wali Siswa Baru Tahun Ajaran 2022/2023
  Humas (Man Tolitoli),- (2/7/2022) Dalam rangka menyambut Tahun Ajaran Baru 2022/2023 pengurus komite Madrasah mengadakan rapat koordinasi dengan orang tua/wali peserta
Baznas Provinsi Kerja Sama Kemenag Donggala Beri Bantuan Kaum Mualaf Simantomo Dampelas
  Donggala (Kemenag Sulteng) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi  Sulawesi Tengah  kerja sama dengan  Kementerian Agama  Kabupaten

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO