Kakankemenag Kota Palu Ajak Para Tenaga Pendidik Implementasikan Moderasi Beragama

Keterangan Gambar : Kakankemenag saat memberikan materi pembinaan


Palu (Kemenag Sulteng)---  Kepala Kantor  Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota Palu, Nasruddin L. Midu  mengajak para ASN Tenaga Pendidikan dan Kependidikan untuk mengimplementasikan moderasi beragama di lingkungan madrasah. Hal ini disampaikan saat memberikan materi pembinaan ASN di lingkungan Kelompok Kerja Madrasah  (KKM) wilayah kerja MAN 1 Kota Palu, Jum'at (15/10). 

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruangan Rapat MAN 1 Kota Palu itu, diiikuti oleh para ASN di wilayah KKM MAN 1 Kota Palu. Pada kesempatan itu, Kakankemenenag didampingi Pejabat Pengawas Seksi Pendis, Nurlaili dan Pengawas Pembina MAN 1.

“Ada Enan visi dan misi Kemenag yang harus kita implementasikan, yang salah satunya itu adalah memperkuat moderasi dan kerukunan umat beragama. Hal ini sangat relevan dengan visi misi Presiden RI. Saya berharap para ASN tenaga pendidikan dan kependidikan dapat bergerak secara massif untuk mensupport dan mengimplementasikan moderasi beragama, utamanya di lingkungan madrasah,” ucap Nasruddin. 

Menurutnya moderasi beragama perlu ditanamkan sejak dini lewat lingkungan madrasah, agar kedepannya para siswa dapat membentengi diri dari faham-faham yang bersifat radikal dan ekstrim.  "Ini untuk mencegah berkembangnya paham (radikal) kepada siswa, sudah saatnya kita membentengi siswa kita dari paham-paham menyesatkan " tegasnya. 

Pada momen itu, Kakankemenag juga memberikan arahan terkait visi-misi pendidikan di madrasah. 

Nasruddin juga menjelaskan tentang regulasi baru, yakni Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang disiplin. "Dalam aturan yang ditandatangani oleh Presiden itu ada sanksi ringan, sedang, sampai berat, bagi para ASN yang tidak disiplin," ungkap Nasruddin. 

"Bila ada ASN yang melakukan pelanggaran kedisiplinan dan tidak ditindaki oleh atasannya, maka atasanya yang akan ditindaki, "tegasnya.

Selanjutnya, dirinya berpesan bahwa KKM perlu membentuk kaukus untuk menyuarakan hal-hal positif terkait dengan dunia pendidikan, khususnya di Sulawesi Tengah. "Misalnya seperti pengelolaan dana BOS, harus maksimal dan tepat sasaran, ini bisa disuarakan melalui kaukus kepada para legislator kita di Komisi VIII DPR RI, " Pungkasnya. 

(Fuad)

Follow Us

BERITA POPULER

Kepala MAN Balut Mengadakan Koordinasi Dengan Panitia Ujian Semester Ganjil Sekaligus Monitoring
  MAN Balut (Kemeneg Sulteng)-Kepala MAN Balut dalam ruangannya mengadakan koordinasi dengan panitia ujian semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 sekaligus melakukan
Ketua DWP Kemenag Sulteng lakukan Pembinaan Sekaligus Silahtuhrahmi
  Ampana (Kemenag Touna)— Bertempat di Aula Café d’langit Kabupaten Tojo Una Una, Ketua DWP Kanwil Kemenag Sulteng, didampingi Wakil Ketua I dan
Kunjungan Kerja, Kakanwil Buka Workshop IPIM di Kabupaten Bangkep
  Bangkep(Kemenag Sulteng)- Dalam kunjungan kerja yang dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengah di Kabupaten Banggai Kepulauan, Kakanwil juga
Bimas Kristen Kemenag Sulteng Gelar Ibadah Natal 2021
  Palu (Kemenag Sulteng) – Mengambil tema “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”, Bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kantor

LAYANAN PUBLIK

BERITA FOTO