Kemenag Tawarkan Kalora Desa Percontohan

PALU, MERCUSUAR – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, H. Abdullah Latopada  menawarkan kepada Pemerintah Kabupaten Poso agar ada program terintegratif yang dapat dilaksanakan bersama-sama seluruh elemen desa. Sekaitan dengan hal itu, Kakanwil menawarkan program “Desa Percontohan” di Desa Kalora , Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso.

Desa tersebut dapat menjadi contoh dalam hal kerukunan, ekonomi, keamanan, dan aspek lainnya bagi desa-desa di Sulteng, bahkan jika mampu terhadap desa di Indonesia.

“Sehingga saya mengajak aparat desa, kecamatan dan kabupaten Poso mari kita bersama-sama mendorong Desa Kalora, mengembangkan potensi desa yang sudah ada lebih berkembang lagi. Dalam contoh kecil, untuk bidang perekonomian, kita manfaatkan komunitas ibu-ibu misalnya dalam pembuatan keripik khas desa, atau pengembangan hasil kebun, seperti durian. Ini ditujukan agar kebersamaan masyarakat antarumat beragama saling bersinergi dan dapat terus terjalin,”  kata Abdullah pada tabligh akbar memperingati  Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1439 Hijriyah di Kalora Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, pekan lalu.

Menurutnya, jika Pemkab Poso merespons hal ini, Kanwil Kemenag Sulteng dapat melaksanakan rapat untuk membahas hal ini.

Kakanwil juga berharap hal ini dapat menekan adanya pihak-pihak yang bertentangan, dapat merangkul semua elemen masyarakat, menghindari radikalisme. Kebersamaan beragama dan terpeliharanya kerukunan interen umat dan antar umat beragama inilah yang akan membangun peradaban di masa depan.

Kegiatan peringatan Tahun Baru Islam ini digagas oleh Bimas Islam Kemenag Poso, serta KUA Kecamatan Poso Pesisir Utara dengan melibatkan penyuluh Agama Islam dan penyuluh non PNS, majelis taklim, serta perangkat desa.

Sementara itu, dalam kegiatan tabligh akbar tersebut terkumpul bantuan dana sebesar Rp7 juta untuk membantu kaum muslim etnis  Rohingya.  DAR

Dari |September 25th, 2017|Berita|0 Komentar