ERA BARU KEMENAG SULTENG

Beranda/Opini/ERA BARU KEMENAG SULTENG

ERA BARU KEMENAG SULTENG

Oleh: Muhammad Rusli

Perjalanan Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah mengalami evolusi yang luar biasa dalam perkembangannya.

Hal ini di tandai hadirnya sosok leader (pemimpin) yang memiliki visi yang sangat revolusioner dalam dalam menata Kemenag Sulteng secara komprehensif baik dari segi kelembagaan birokrasi dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Semua di gerakkkan secara bersamaan sehingga terjadi kompetisi efektif dalam etos kerja birokrasinya. Semua level kepemimpinan diberikan kebebasan dalam mengaktualisasikan kemampuannya secara mandiri. Ini adalah tonggak sejarah dalam reformasi Kemenag Sulawesi Tengah.

Semua perangkat birokrasi digerakkan secara bersama dan diberikan keleluasaan dalam mengkreasikan ide gagasan dan kreatifitas masing-masing di lingkup Kemenag Sulteng namun tetap bertumpu pada tugas dan fungsi masing-masing.

Ini era baru yang dibawa seorang kader anak daersah yang ditempa dengan segudang pengalaman organisasi dan birokrasi sehingga dalam keadaan dan kondisi sesulit apapun beliau tetap saja mampu keluar dengan segudang ide dan gagasan yang cemerlang.

Berangkat dari niat tulus dan lkhlas untuk mengabdi kepada daerahnya sehingga semangat membangun memperbaiki serta menghasilkan karya yang fundamental dalam kemenag Sulteng maka seluruh sekat2 yang bisa menghambat persoes perbaikan di lingkup kemenag sulteng di bersihkan.

Hal ini terlihat dari pengisian dan rotasi pejabat di lingkup Kemenag Sulteng baik eselon III IV V kepala Madrasah semua di lakukan dgn penuh rasa kebersamaan sehingga semua sistem dan mekanisme pengangkatan pergantian serta pergeseran pejabat dilalui sehingga semua merasa memiliki tanggung jawab pada hasil yg telah di tetapkan.

Pelantikan pejabat eselon IV V dan kamad yang biasanya di laksanakan dan di lantik oleh kepala Kankemenag masing-masing awal tahun ini dilaksanakan secara bersamaan oleh kakanwil yang tempatnya pun di pusatkan di Kabupatan Tojo Unauna. bertapatan dengan pelaksanaan puncak hari jadi Kementrian Agama Republik Indonesia.

Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah menempatkan pelaksanaanya di Kabupaten Tojo Unauna dengan visi menjadikan Kemenag sebagai solusi dari setiap bermasalahan umat dan kemasyarakatan maka haruslah kemenag menjadi bagian dari masyarakat umat dengan cara mendekatkat kementerian Agama dengan masyarakat.

Hal ini di buktikan pada puncak pelaksanaan hari jadi Kemenag yang dilaksanakan di Tojo Unauna mendapat apresiasi yang luar biasa dari masyarakat begitupun dari pemerintah setempat.

Hal ini berdampak positif pada segi ekonomi maupun sosial kemasyarakatan di Kab Tojo Unauna.

Pada momentum tersebut mendapat apresiasi langsung dari Gubernur Sulawesi Tengah H. Longki Djanggola yang juga memberikan dukungan terhadap berbagai terobosan yang di lakukan oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Sulawesi Tengah.

Hal ini merupakan satu gambaran nyata bahwa Kemenag Sulteng telah mengalami perubahan dan melahirkan sejarah baru di bawah kepemimpinan seorang anak daerah yang memiliki semangat dan visi pembaharu pada kementerian Agama Sulawesi Tengah. Dialah pemimpim baru Sulawesi Tengah di lingkup Kemenag yakni Drs.H. Abdullah Latopada.M.Pd.

Dari |Februari 4th, 2017|Opini|Komentar Dinonaktifkan pada ERA BARU KEMENAG SULTENG