Madrasah Tsanawiah 1 Parigi Mantapkan Simulasi UNBK

Beranda/Lain lain/Madrasah Tsanawiah 1 Parigi Mantapkan Simulasi UNBK

Madrasah Tsanawiah 1 Parigi Mantapkan Simulasi UNBK

PARIGI (KEMENAG SULTENG) – Rabu (14/02) Madrasah Tsanawiah Negeri 1 Parigi mengadakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau disebut juga Computer  Based Test ( CBT).  Ini adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Dengan dukungan berbagai pihak, dalam hai ini pemerintah mengharapkan sekolah-sekolah  mampu merealisasikan UNBK ini di semua sekolah khususnya di seluruh Indonesia agar pelaksanaan UNBK dapat berjalan dengan baik.

Sebagai sekolah yang menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan MTsN 1 Parigi kali ini melaksanakan simulasi UNBK yang bertujuan untuk mengenalkan kepada para siswa MTsN 1 parigi agar nanti terbiasa saat ujian nasional berlangsung. Simulasi ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan, setelah pada 9 Oktober 2017 lalu bertujuan untuk memperkenalkan kepada siswa tentang UNBK, kemudian pada hari ini simulasi itu kembali dilaksanakan guna mempermantap mereka saat mengoperasikan komputer dengan baik dan benar. Simulasi UNBK hari ini diikuti 79 siswa kelas IX, yang rencananya akan dilaksanakan hari ini dan juga besok karena mengingat ruangan dan fasilitas yang tersedia cukup terbatas, sehingga pelaksanaan simulasi UNBK ini diadakan dengan dua kali sesi dengan jumlah 40 orang per sesi. Walaupun demikian pelaksanaan simulasi UNBK ini diharapkan mampu membantu siswa dalam mempersiapkan mental dan teknis mereka saat mengikuti UNBK nantinya.

Menurut salah satu siswa Ainun kelas IX B, ia mengatakan “ Saya sangat senang dengan diadakannya UNBK ini karena lebih mudah, efisien dan gampang dalam mengisi lembaran yang disiapkan dilaman komputer daripada ujian dengan menggunakan lembaran yang katanya menguras banyak waktu, terakhir Ainun mengatakan sudah sangat siap untuk mengikuti UNBK pada hari yang telah ditentukan. Namun bukan siap secara fisik saja tapi secara mental harus dipersiapkan pula.” Tandasnya dengan sangat semangat.

Selain itu, menurut salah satu panitia ujian Fitriah, M. S,Pd.I beliau mengatakan bahwa “ simulasi yang kedua ini sebagai waktu untuk mempermantap siswa-siswi dalam melaksanakan UNBK nantinya. Selain itu, menurut beliau simulasi ini tidak terlaksana dengan baik apabila tidak ada dukungan dan kontribusi dari Kepala MTsN 1 Parigi, Darsono, S.Ag, M,Pd.I yang begitu bersemangat dan sangat gencar untuk memajukan Madrasah. Dengan adanya 40 unit komputer tentunya sangat membantu siswa dalam mengikuti UNBK, karena mengingat pengalaman yang lalu UNBK ini terlaksana atas kerjasama siswa dan guru untuk mempersiapkan fasilitas seperti komputer ataupun laptop.  Beliau juga berharap agar pelaksanaan UNBK tahun ini menjadi pengalaman yang baik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas madrasah”, tutupnya dengan suara yang melantang.

Semoga Simulasi UNBK hari ini dapat berjalan dengan baik sampai hari UNBK yang telah ditetapkan. Tentunya dengan dukungan dan partisipasi Kepala Madrasah,  guru dan siswa sebagai penunjang keberhasilan UNBK setiap tahunnya. Harapan orang tua juga sangat besar untuk madrasah agar anak mereka mampu menyelesaikan studi dibangku Madrasah ini dengan lulusan yang baik dan memiliki bekal yang baik untuk melanjutkan kejenjang selanjutnya.

sumber : (Zn/Ds)

Dari |Februari 14th, 2018|Lain lain|0 Komentar