Nivo Slider Demo

SEKILAS INFO

-Pengumuman Hasil SKD dan Nama Peserta SKB CPNS Kemenag Sulteng Tahun 2018 -

Kakanwil H. Rusman Langke Mengukuhkan Kelompok Kerja Pengawas  Madrasah

Keterangan Gambar : 19/09/2018


Palu (Kemenag Sulteng) - Kakanwil Kemenag Sulteng H. Rusman Langke memberi arahan sekaligus menutup kegiatan Penguatan Kompetensi Supervisi Manajerial dan Akademisi Pengawas Madrasah Tahun 2018 di Lingkungan Kantor Wilayah Kemenag Sulteng yang dilaksananakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulteng di Aula Kanwil Kemenag Sulteng pada Rabu, 19/9/2018.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan adalah mengembangkan potensi kualitas tenaga pendidik dan kependidikan,  posisi pengawas  sangat strategis sebagai gurunya para guru tugasnya mensupervisi manajerial dan akademik agar tenaga pendidik dan kependidikan berkualitas, “sehingga untuk menjadi pengawas harus mempunyai pengalaman sebagai  guru minimal 8 tahun.” kata Kakanwil H. Rusman mengawali sambutannya.

Pada kegiatan ini dibacakan SK Kakanwil Kemenag Sulteng tentang penetapan pengurus Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas) Madrasah  Provinsi Sulawesi Tengah periode 2018-2021 yang sekaligus dikukuhkan oleh Kakanwil Kemenag Sulteng H. Rusman Langke.

Kakanwil H. Rusman Langke menambahkan berharap  Pengawas  sebagai Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) harus memahami  tugas substansial sebagai pengawas dengan  memiliki 5 kompetensi yaitu : Kepribadian, Manajerial, akademik,  evaluasi, penelitian dan Sosial. Pengawas memberikan bimbingan, pembinaan pada guru kita dalam Implementasi terhadap Kurikulum 2013 (K13).

"Para pengawas harus Memahami tugas dan fungsi sebagai pengawas serta mensyukuri  tugasnya dengan melaksanakan tugas sebaik-baiknya," kata H. Rusman

Diakhir arahannya Kakanwil H. Rusman berpesan agar Majalah Ibrah Kanwil Kemenag perlu diaktifkan kembali untuk melatih penulisan karya ilmiah buat para guru serta memberi kesempatan para guru serta pengawas untuk membuat tulisan di majalah tersebut.

Kegiatan ini menghasilkan 5 rekomendasi yaitu program kerja pengawas,  rencana pengawasan, rencana pengawasan akademik,  instrumen supervisi dan konsep model laporan pengawasan dan dihadiri pula oleh Kabid Pendidikan Madrasah beserta kepala seksi  Kanwil Kemenag Sulteng dan para pengawas madrasah di lingkungan Kanwil Kemenag Sulteng. (Arman)