Kakan Kemenag Buol Buka UNBK di MAN Biau

Buol ( Humas Kemenag) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buol Drs. H. Nadjamuddin Baropo, M.Pd di damping Kasi Penmad Kemenag Buol Rischard Muksin, S.ag, M.Ag  Membuka sekaligus memonitoring pelaksanaan Ujian  Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Biau, Senin (1/03/2019).

Kepala Madrasah Mashuri, S. Pd, M.Pd mengatakan keterbatasan Komputer dengan Jumlah  siswa yang mengikuti ujian, maka pelaksanaan UNBK dibagi menjadi tiga sesi.

" Ujian  Nasional pada Madrasah Aliyah yang dilaksanakan  hari ini Insha Allah akan  berlangsung dengan tertib dan aman ", ujar Mashuri.

Kunjungan Nadjamuddin demikian sapaan akrabnya Kakan Kemenag Buol yang didampingi Kasi Penmadnya Ke MAN Biau untuk memastikan pelaksanaan UNBK bisa berlangsung dengan baik dan sukses sampai dengan selesai.

Dalam kesempatan ini juga Kakan Kemenag menyampaikan bahwa monitoring ini tujuannya untuk melihat secara langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer(UNBK), serta meminta kepada pihak madrasah untuk selalu berkoordinasi bila terdapat permasalahan dalam pelaksanaan ujian dan segera melaporkan kepada Kantor Kementerian Agama melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Tegas  Nadjamuddin.

Nadjamuddin pula menegaskan kepada siswa siswi peserta ujian agar bersunggu sunguh menyelesaikan ujian dengan hasil yang maksimal, meski UN bukan lagi penentu kelulusan, karena biar sukses pelaksanaan ujian dan kelulusan 100%, tapi hasil UN, UAMBN anjlok ( dibawah standar nasionalk) maka akan tetap memberikan pencitraan yang buruk bagi kualitas pendidikan madrasah yang menyandang motto hebat dan bermartabat termasuk citra buruk terhadap individual bagi peserta didik terhadap anak cucu dikemudian hari.

Olehnya pos tahun ini memberikan peluang perbaikan nilai pada tahun berikutnya meskipun yang bersangkutan telah kuliah diperguruan tinggi.

Ia mengharapkan agar para siswa peserta ujian menyiapkan diri sehat lahir batin dan mempersiapkan mental dan senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar diberi hidayah dan perlindungan pada saat ujian tegas Nadjamuddin dalam amanat pembukaannya.

Adapun jumlah peserta ujian menurut Kamad MAN Biau Mashur, M.Pake  dalam laporanya diikuti oleh 189 orang peserta dan dua madrasah swasta yang bergabung yaitu MAS Uswatun Hasanah Modo, MAS, Nurul Ihsan Tongon, dan MAS Alhijrah leok 1 demikian lapor Mashuri.

( Iqbal )