H. Abdullah : Kecerdasan dan Profesionalisme Sangat Penting bagi Kemajuan Madrasah

Beranda/Berita/H. Abdullah : Kecerdasan dan Profesionalisme Sangat Penting bagi Kemajuan Madrasah

H. Abdullah : Kecerdasan dan Profesionalisme Sangat Penting bagi Kemajuan Madrasah

Palu (Kemenag Sulteng) – “Diperlukan Kecerdasan dalam memimpin tidak hanya sebatas kepintaran, menjadi  pemimpin profesional  jika sudah  mampu mengayomi semua bawahannya.”Kata H. Abdullah Latopada Kepala Kantor wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Prov. Sulteng dalam amanatnya pada kegiatan Seleksi Calon Kepala Madrasah Wilayah Zona 1 (Kota Palu,  Kab. Sigi dan Kab. Donggala)  bertempat di Aula Kanwil Kemenag Sulteng, Kamis, 18 Januari 2018.

Abdullah mengatakan bahwa seorang pemimpin tidak senang sendiri dengan kepintarannya  dalam memimpin tidak mau membantu dengan ilmu yang dimikinya tetapi dia harus membantu dengan ilmu dan kepintaran yang  ia miliki agar menjadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Pemimpin yang Profesional jika sudah mampu mengayomi semua bawahannya baik mereka patuh  atau tidak sehingga mereka bisa diajak bekerjasama.

“ Profesionalisme itu  adalah kebijaksanaan menghargai pendapat dan keberadaan seseorang” Kata H. Abdullah

Kegiatan  Seleksi Calon Kepala Madrasah ini diikuti sebanyak 36 peserta  dari kepala madrasah di wilayah Zona 1 (Kota Palu, Kab. Sigi dan Kab. Donggala). Kegiatan ini dilaksanakan merujuk pada aturan baru yang  tujuannya  agar mendapatkan kepala madrasah yang baik dan profesional maka dilaksanakanlah seleksi kepala-kepala madrasah, seleksi ini berupa tes tertulis dan wawancara dari aspek manajerial maupun sosial.

Jabatan kepala madrasah adalah sebagai tugas tambahan yang dibatasi maksimal masa jabatannya 4 tahun,  agar lebih membantu perkembangan madrasah karena ada amanat bagi madrasah sebagai pembinaan anak didik yang dititipkan orangtua yang  berharap anaknya menjadi generasi yang baik untuk dididik di sekolah tersebut . Sehingga fungsi  kepala madrasah adalah menjaga amanat tersebut dengan kemampuan manajerialnya, kata  Kakanwil H. Abdullah.

Diakhir amanatnya H. Abdullah berpesan bahwa niat yang kuat sangat penting untuk memacu kemajuan madrasah dan harus menerima saran dan pendapat orang lain dan memberikan kesimpulan dan keputusan yang baik serta diperlukan kecerdasan sosial saling menghargai  pendapat, keberadaan bawahannya sebagai manusia dan bisa memanfaatkan kecerdasan orang lain ini salah satu cara untuk menjadi pemimpin baru yang profesional dan bijaksana.  (humas)

Dari |Januari 19th, 2018|Berita|0 Komentar